Tuesday, January 27, 2009

Melongok Wisata Lampung




Liburan ke Lampung mungkin bukan prioritas utama para pecinta jalan-jalan, bukankah Lampung masih hutan belantara dengan kawanan gajah yang siap nginjek pengganggu ketentramannya? Berbekal niat baik silaturahmi seorang adek ke abangnya, gw ndaftar turut serta dalam perjalanan nusy ke Lampung. Sabtu, tanggal 24 Januari 2009 jam 8.05 qt berangkat ke Lampung dengan pesawat Sriwijaya Air, seharusnya qt bisa dapet harga Rp. 234.00 kalo saja sesuai booking awal untuk berangkat Jum’at malem, tapi berhubung ga’ da yang jemput qt undur dan mendapat harga Rp. 274.000. Kalo dibandingin dengan biaya travel sekitar 200 rebu ataupun Damri gw pikir naik pesawat ke Lampung jauh efisien baik dari sisi waktu maupun tenaga (dan kesehatan akibat mabok laut!). Ternyata Lampung kota yang sangat luas untuk dijelajahi, banyak waktu terbuang diperjalanan menuju satu lokasi ke lokasi lainnya, selama 3 hari di Lampung qt sewa mobil. Sedangkan untuk penginapan nebeng dirumah abangnya nusy, so biaya penginapan jelas dihapuskan hehehe… (uppss jangan-jangan abis posting gw ditagih ya..)

Panduan Wisata Lampung: http://ndahsaja.com/?p=249

Sabtu, 24 Januari 2009: Wisata Pantai
Jam 09.00 bertolak dari Bandara Raden Inten menuju Pantai Pasir Putih, perjalanan menempuh waktu 1.5 jam. Sebagai catatan daerah wisata pantai disini ga’ seperti umumnya pantai yang banyak warung dan ga’ ketinggalan makanan lautnya, jadi lebih baik makan dulu kalo perlu bawa bekel juga takutnya kelaperan lagi. Sepi banget pantainya, coba kalo dateng lebih pagi pasti bakal lebih menikmati suasananya. Ga’ mau berlama-lama dibawah terik matahari qt menyewa kapal untuk nyebrang ke Pulau Condong, kalo lagi ramai biaya penyeberangan tiap orang dihargai 20-25 ribu, berhubung qt cuma ber-3 (plus pak sopir) qt kena harga Rp. 100.000 (ini udah nawar!) Pertama kali buat gw yang ga’ bisa renang ini menaiki perahu kecil dengan ombak yang makin ke tengah makin gedhe dan bikin perahu berayun-ayun keras…. Whoaaa Pelampung, Asuransi? Semua ga’ada!! Setengah jam kemudian qt menceburkan kaki ke pesisir pulau Condong. WAOWWW keren bo’… airnya jernih, view-nya cantik, namun kecantikan sesungguhnya ada dibalik karang bolong. Kalo saat itu qt lagi ga’ ngejar pantai mutun bisa dipastiin gw dah terlelap dibatuan yang pas banget buat berjemur. Untuk melihat pemandangan bawah laut, pak sopir perahu memberikan kaca untuk melihat biota laut, sayang… perahunya keburu kebawa ombak.

Jam 12.30 melanjutkan perjalanan ke Pantai Mutun, kurang lebih 1 jam qt disambut pantai yang ramai oleh pengunjung, padahal pemandangan di pantai pasir putih lebih indah dan aksesnya lebih mudah dijangkau daripada pantai mutun tapi ga’ tau peminatnya disini koq banyak banget ya? Setelah sholat dan makan ikan bakar yang samasekali ga’ enak (juga ganti kain pantai wuakakakk… bukannya mo gaya, tapi jeans gw buasah sah sah) qt nyebrang ke pulau tangkil. Biayanya sangat murah Rp. 5000, itu udah termasuk keliling pulau tangkil, diturunin di darmaga pulau tangkil dan dijemput lagi, gilee bener!! Murah amat Pak!! Keadaan pulau tangkil seperti umumnya pulau yang dimiliki warga indonesia tidak ada pemeliharaan berarti, padahal pulau kecil ini cukup indah dan ada sudut pulau yang eksotis (ga' sempet moto, tunggu nusi aja deh), ngelilingin pulau ini layaknya anak pramuka ka'nya bakal seru deh! (next trip?)

Tanpa diduga pak sopir ngebawa qt menuju pantai Kelapa Rapet (Klara), katanya sunset disana bagus. Mampir sejenak di darmaga kecilnya korps TNI AL kalo ga' salah namanya pantai Maitem qt tiba di pantai Klara tepat menjelang sunset.

25 Januari 2009: Melintas Batas
Perjalanan hari ke-2 adalah perjalanan yang menggerus pantat, gw yang duduk dijok paling belakang berkali-kali beradu kuat dengan jok karena pak sopir membawa avansa dengan kecepatan 80-100km/jam menghajar setiap lubang dan kubangan gajah dengan sangat biadab. Way Kambas adalah tujuan qt (rombongan dah bertambah) pagi itu, butuh 2 jam untuk mencapai loket Taman Nasional Way Kambas dan itu masih ditambah 9km lagi menuju rumahnya gajah. Walopun jauh dari pusat kota namun tempat ini juga ramai, setelah makan siang qt masuk ke area yang lebih dalam berharap bisa bertemu kawanan gajah. Dari padang yang luass buanget hanya ditemui beberapa gajah, ga' tau mereka lagi pada berlibur juga ato emang sedikit.

Perjalanan nekad berikutnya adalah menuju Siger, sebuah tempat srategis untuk melihat pelabuhan Bakauheni melalui jalus lintas timur. Gw?? ya masih tetep ka' karung beras di jok belakang:( Pemandangannya lumayan indah, ternyata Lampung memang kota pendatang buktinya disini gw bisa menemukan kampung Bali. Sekitar jam 17.30 qt udah nangkring di puncak Siger, konon katanya Siger akan digunakan sebagai restoran namun berhubung lum juga dipakai maka dimanfaatin penjaganya untuk memungut uang parkir bagi siapa aja yang mo menikmati hamparan kepulauan lengkap dengan feri yang hilir mudik dan perbukitan yang mirip suasana puncak. Satu jam kemudian qt dah masuk mobil lagi menuju ke Tanjung Gading tempat qt nanti akan tepar, kali ini melewati jalur Bakauheni - Bandar Lampung. Bandar Lampung - Way Kambas - Siger - Bandar Lampung... MANTHABH!!!

Hari ke-3 adalah hari keluarga, gw mengunjungi sodara, nusy juga hang out ma keluarga abangnya. Muterin kota lampung dikit lanjut kepencarian Kripik Pisang Bu Suseno (rasanya biasa aja koq laris banget ya...)

Jam 16.50 qt dah duduk menikmati snack dari mb' Sri, gw bolak balik ngelongok ke Jendela mencari-cari Gerhana Matahari Cincin... jangankan cincin, gelang, kalung semuanya ga' ada, Hikss... katanya di Lampung bakal dapet view yang bagus... GOMBALLLL!!!

Overall menurut gw kota Lampung sangat layak untuk dikunjungi, terutama wisata pantainya. Ada wisata air terjun di Liwa tapi jauh banget, 6 jam perjalanan dari Bandar Lampung, PHIEEUWHH!! Karena Lampung memiliki banyak tanjung ga' heran kalo pantainya indah-indah, pulau kecilnya sangat banyak dan wajib harus berani nyebrangin pantainya untuk menikmati eksotisme pulau yang imut itu. Hal yang cukup mengganggu adalah MASALAH KEBERSIHAN di tempat wisata, kesadaran masyarakat dan peranan petugas sama-sama minim. Nyari makanan khas lampung juga susah, makanan yang ada rasanya juga ga' enak, dari beberapa warung yang qt datengin cuma RM GAMBRENG yang rasanya pas dilidah. RM GAMBRENG juga unik karena untuk dapat dilayani qt harus gambreng dulu, milih menu juga gambreng... SERIOS LOH?? Ya kagaaaak lahh... cuma namanya lucu banget, mungkin karena emping yang dijual segedhe gambreng (kali ini serius!)

Itu ajah cerita liburan gw, foto-foto yang lebih bagus tungguin aja tayangannya jeng nusi (ka'nya sih masih lama hehehehe...) Ada yang berminat menjadikan Lampung tujuan traveling?

Tambahan Info:
Restribusi pantai pasir putih, mutun & klara: Rp. 10.000
Restribusi pulau condong: Rp. 2.500
Restribusi way kambas: Rp. 5.000
DI Siger cuma bayar parkir mobil: Rp. 5.000

93 comments:

  1. Kalau berangkatnya hari minggu gw ikut tuh....jomblo nih semingu... :(

    ReplyDelete
  2. jalan2 bae Jeng,qqqq
    bikin ngiri aje nih...

    ReplyDelete
  3. lah emang umi-nya kemana...
    yee klo berangkat hari minggu ga' puas dunx jalan2nya?

    ReplyDelete
  4. iya nih... bawaan orok, lhooo ketuker ya??
    besok klo baby-nya dah mbrojol puas2in aja jalan2, anaknya titipin simbah whuakakak... anak kurang ajar!

    ReplyDelete
  5. ada donk ... gw , Ndah ...
    thanks banget dah berbagi travel stori nya ...
    jadi mengenal Lampung dengan lebih baik lagi ...
    bisa buat referensi nih ... kalo satu saat nanti travel ke sono ...

    ReplyDelete
  6. Ndah..ndah.... koq brubah c elo? Makan apa tuh sampe ndutz bgtz gituh?

    ReplyDelete
  7. ayo ayooo....
    buruan ambil cuti n jelajahi lampung lebih dalem

    ReplyDelete
  8. sama-sama mba'...
    klo dr palembang transportnya lebih mudah kali ya mba', met jalan-jalan...

    ReplyDelete
  9. upsss koq ada yg tau sih gw nampang disini
    psst psstt... jgn bilang2 ya... aslinya emang begitu, foto yg laen mah dah di ulak alik ama pakar telematika:D

    ReplyDelete
  10. Pada mudik, ada saudaranya yg meninggal...gak ikut....ngurusin PKS .....

    ReplyDelete
  11. sama seperti yg gw bilang doeloe: kok gw lom tergugah ya untuk nyeberang ke sumatra :p. tp suatu saat mungkin saja gw akan kesana *tp kemananya ya*.

    btw, itu nama kok pada aneh2 ya. atau emang gw aja yg kurang familiar dengernya. hehe...

    lu ga sowan ke badak sumatra juga ndah? bukannya di way kambas ada juga kawanan badaknya?

    yach, akhirnya nampang juga dirimu. HUH!

    ReplyDelete
  12. innalilahi wa inna ilaihi roji'un...

    kampanye mulu neh, ayo terjun ke daerah (tapi jalan-jalan:D)

    ReplyDelete
  13. gw mah daridulu dah narses abis, yg foto2 jogja-wonosari kan malah lebih parah, lo dah sms kan?? wuakakakakkkk

    sumatra tuh byk yg bisa didatengin, pantai2nya juga bagus. lampung aja baru se-ujung kuku duanx yg bisa didatengin, yux nyambangin padang & belitung!
    badak bukannya di ujung kulon om? di taman safari jg ada denx:D
    di way kambas malah ketemunya kawanan sapi, sumpeh banyakan sapinya (apa gajah selingkuh ma sapi ya?)

    ReplyDelete
  14. weleh-weleh..jari2 kaki nya ikut nampang..

    ReplyDelete
  15. wuekekkekkk... padahal jarinya ngejembreng ka' jahe ya bu
    ahh pokoknya NARSIS abesss
    (ato najis abis ya)

    ReplyDelete
  16. heh? sms? maksod lo?

    mungkin masalahnya sumatra blom byk terekspose, jd lom kenal betul gw daerahnya. paling banter jg bukittinggi doank. belitung naik apaan? uda ada maskapai yg terbang lgsg jkt-pklpinang gitu?
    gw masih pengen nyobain diving, ndah!!! yee, kalo ujung kulon mah yg cula satu. nah kalo di way kambas yg cula dua. haha, jgn ngemeng kalo di tamansafari. jgnkan badak, kudanil aja rentengan, ndah!

    wakakakaka....sapi? orang bogor jau2 ke lampung cm liat sapi. untung ga kambing ya.

    ReplyDelete
  17. oughh lp lum liat foto narses yg ini ya:http://ndahdien.multiply.com/photos/album/16#2

    lo-nya aja kali yg ga' nyari infonya, disumatra barat byk bgt lo (goa ngalao indah, goa jepang, ngarai sianok, lembah anai, pantai2 & pulau cubadak tentunya).
    penerbangan ke pangkal pinang mah dah banyak, temenku kmrn dapet 300an rebu.
    diving di kepulauan seribu juga bisa kale:D (hiks... gw ga' bisa renang, palagi diving bisa2 gw dying dahh!!)

    qeqeqqeqq... emang rada kurang siap ka'nya daerah lampung ngembangin wisatanya, tp di bogor gw jg ga' pernah liat sapi jd ya ga' sia-sia lah gw ke lampung ("ngeles" biar ga' keliatan nyeselnya mampir ke waykambas)

    ReplyDelete
  18. mbak airnya emang agak kehijau-hijauan ya?

    ReplyDelete
  19. Kalo sewa mobil di Lampung rate-nya berapa?
    Include apaan ajah?

    ReplyDelete
  20. Seleksi ketat dulu yah...??
    Kekekekek...

    ReplyDelete
  21. Ya jelas mau dong, baru pernah lewat doang...
    Berminat jadi guide? :-P

    ReplyDelete
  22. iihhh masa' ga' kenal seh ama model top majalah trubus edisi tanaman parasit:(

    ReplyDelete
  23. iya, ga' make replacement color photoshop air disini emang ka' gitu
    pinggirannya kehijauan (biru cyan) dan makin ketengah biru tua
    jadi lo bisa berenang dipinggiran pantainya krn lumayan dangkal, tp kalo yg ditengah... dualem bo'

    ReplyDelete
  24. mumpung ada libur, mumpung ada rezeki, mumpung ada kesehatan
    mumpung ga' ada yg ngomelin hehehe....

    ReplyDelete
  25. gw lum nanya ma ibu kasir, ampe skrg lum itung2an pengeluaran:D
    standarnya sih klo avansa: mobil+sopir Rp. 250.000/12 jam, Rp. 350.000/24 jam
    bensin qt isi sendiri, lumayan irit koq bensin (& skrg kan lg murah) hari ke-2 dah muterin lampung selatan ampe timur ka'nya cuma abis cepe' deh

    **qt tanya bu kasir u' lbh jelasnya, hallo ibu nusy...

    ReplyDelete
  26. ho-oh... maklum ibu photographer
    yg ke seren taun dan palembang aja ampe skrg lum di upload :-w

    ReplyDelete
  27. sangat berminat! masih banyak yg lum didatengin
    ya... klo jd guide paling lo cuma ganti uang transport, akomodasi & makan

    ReplyDelete
  28. ibu gajah ga' mau nrima gw... takut kawanan gajah lainnya bakal mengidap anaroxia

    ReplyDelete
  29. goa lagi? mending masuk got, sama gelapnya :p.
    nah, kalo cubadak baru penasaran. belitong jg pantainya bagus keknya. wah, 300rb mayan tuh. diving di kep seribu, ntar yg ada malah dapatnya sampah doank, ndah. ayo belajar renang! jd kalo maen k pantai ga ngejogrok doank. mau les kilat? hehe...wg buka jasa les renang privat, sehari dijamin bisa (kelelep :p)

    ReplyDelete
  30. ihh kan bukan mukhrimnya...
    ngalim mode on!

    ReplyDelete
  31. Masih punya utang yaa...??
    Hayoo ngaku... :-D
    Wah asik juga keliling lampung dengan sewa mobil...

    ~kapan yaa :-D

    ReplyDelete
  32. Olala...
    Jadi emang bener2 mo eksplor Sumatra tho...?? :-D

    ReplyDelete
  33. hu hu hu
    Masih ada gak ya guide yang bisa nemenin tanpa ganti uang apapun...??

    ReplyDelete
  34. kapan2 nunggu sunrise dirumahku ya

    ReplyDelete
  35. someone?? tukang perahu opo nelayan?? :P

    ReplyDelete
  36. dunia sudah semakin sinis ndri.... hadapilah kenyataan bahwa makin sedikit manusi yg berjiwa mulia menggratiskan tenaga & jasanya
    sadarilah... sadarilah... whuahahahhaa.....

    uppsss soal utang... PSSSTTTT!!!! diem aja... lum dpt tagihan ini:D

    ReplyDelete
  37. mana undangannya?? undangan plus tiket PP maksude hehehe...
    wahh keren amat to mba'yu... iku apartemene dilantai berapa ya?

    malaysia vs indonesia?? tetep indo dunx jawara keindahan alam xixixiixxx...

    ReplyDelete
  38. fufufuu.... ketauan deh yg lagi nunggu jemputan tukang perahu:)

    ReplyDelete
  39. brhubung masih sepi jadi airnya juga msh jernih
    ayo duuuunxx keliling tanah air trcinta (siap ndaftar jadi guide-nya!! ihh seru x ya jalan2 ma trio kwekkwek nan lucu itu:D)

    ReplyDelete
  40. alhamdulilah wis mari mb'... tapi jempol-ku iji' mampu ki mba' whuahahahaa...
    **ughh mambu trasi!! hoeexxx!!!

    ReplyDelete
  41. nah itu dia yg aq tidak tahu, baru nyadar ada tulisan THR setelah liat2 foto
    moso' tunjangan hari raya?
    nek Taman Hiburan Rakyat mathuk ora?? :D

    ReplyDelete
  42. ternyata...sempet juga nih ngambil foto dari dalem mobil, mbak..
    sementara aku yang udah teler abis kemarin itu... :(

    ReplyDelete
  43. foto-fotonya biasa aja, kok... :))

    ReplyDelete
  44. elu kapan tayangnya bu??
    busyet dah lama amat, keburu keluar bajakannya dulu nih

    ReplyDelete
  45. walopun trgoncang2 gw sempetin moto, coz lumyn bagus pemandangannya
    **sayang byk yg kabur... trmasuk foto kampung bali

    ReplyDelete
  46. ntar gw emailin
    ato mo ketemuan ajah... sambil karaokean di margocity

    ReplyDelete
  47. make SLR masih biasa aja????
    buang aja tuh kamera!!!!!............................................................................(ke bogor:D)

    ReplyDelete
  48. mmmm.....kapan ya......
    masih nunggu antrian he..he..he..

    ReplyDelete
  49. asyik bgt ndri... & yg jelas "MURAH"!!
    **agendakan ini saat lo ngambil cuti:D

    ReplyDelete
  50. ke lenteng?? sapa takut
    gw siap nangkep juga koq:D

    ReplyDelete
  51. eh... buleknya Raka ga' ada, kemana perginya bulek nusy ya?

    ReplyDelete
  52. Yuk, tapi siapin play list dulu.
    Biar bisa latian dulu :-P

    ReplyDelete
  53. Wah, ilmunya udah tinggi niy.
    Bisa berpindah2 tempat dalam waktu singkat.
    Berguru di padepokan mana Nini...?? hihihii

    ReplyDelete
  54. Sampurasun...
    AQ-lah titisan lasmini, sang penggoda suami orang skaligus pencetus Nini-nini pedhofil yg mengencani si-brondong Raden Bentar whuahahaha...
    ada keperluan apa kisanak menanyakan padepokanku?

    ReplyDelete
  55. Hanya sekedar ingin mengetahui dari manakah asal ilmu yang haibat itu Nini...

    ReplyDelete
  56. bulek nusi-nya lagi tepar di kursi sebelah he..he..he..
    duh... jadi kangen ma ponakan tersayang :D

    ReplyDelete
  57. bulek nusy ampe sekarang masih tepar ya.... deuuuhh kacian amat
    mau dibawain parcel buah apa pak lek

    ReplyDelete
  58. :(..............kenapa mesti ditempelin photonyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  59. oiiiii mingggir woiiiiiiiiiii.......*lempar sendal!

    ReplyDelete
  60. gw kan bukan photographer yg pamer kehebatan jepretannya
    cuma mo nunjukin apa & gimana tempat yg gw kunjungi :D

    ReplyDelete
  61. dah sembuh koq kutuair kadas kudis kurap & lepra-nya;))

    ReplyDelete
  62. awas nus!! ada sendal jepit murahan melayang

    ReplyDelete
  63. kalo ga' ditempel entar kebanyakan foto yg gw upload

    **ntar ada yg nyuri hasil karya indahku juga... ciaaatttt....DHEZIGGGHH!!!

    ReplyDelete
  64. kamera biasa juga bisa koq dapet jepretan yg bagus (optimis mode on!)

    ReplyDelete
  65. kokohnya minta gw jd modelnya, ya gimana lagi.... ga' bisa nolak gw:)

    ReplyDelete
  66. masih harus nunggu "jeng diva" sembuh dlu dr batuknya
    mgk sabtu depan, 14 febr.. skalian ngerayain "Plenting Day" dimana plenting merah-kuning-hijau brnyanyi ngerayu "yuyu kangkang" :))
    "putraku si ande-ande lumut... temuruno ono putri kang ngunggah-unggahi... putrine sing ayu rupane
    plenting kuning iku kang dadi asmane"
    wuakakakkk koq gw dah konser duluan ya....

    ReplyDelete