Tuesday, January 20, 2009

Wisata ke Jogja "3 hari untuk selamanya"

Jalan-jalan ke Jogja ga' da kata bosen, setiap sudutnya menawarkan pesona yang menggiurkan.. dari keanggunan keraton, keperkasaan candi, keangkeran merapi, keunikan tradisi, kelezatan masakannya, keramahan penduduknya dan masih banyak lagi kesan mendalam bagi pengunjung Jogja. Bertajuk Jogja 3 hari untuk selamanya, maka 4 artes ibukota mengunjungi Jogja pada 25-28 Juli 2007. Dah basi ya?? Foto-foto disini dah banyak yang di upload nusy & dyan, gw pamer dikit aja sekalian sharing tips perjalanan ke Jogja... bukan tips perjalan ke jogja denx just share every moment ajah. Kalo urusan tips & trick perjalanan tanyaken sajah pada ibu nusy yang dah keliling Jawa, gw mah cuman ngikut kalo jalan-jalannya enak, nyaman, murah, dapat banyak tempat & dapet event bagus dilokasi yang dituju hehehe... i'm not backpacker (yet) okay! 
PERSIAPAN:
  1. Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang Jogja, mulai lokasi wisata, transportasi, akomodasi sampe nomor telefon Polda & Rumah Sakit. Ini hal mudah, karena banyak banget website yang Jogja sangat murah dalam memberikan info wisata. Nah ini perlu dijadikan contoh buat daerah laen yang masih dalam proses mengembangkan pariwisatanya, ga’ perlu menggelar banyak pameran dan iklan di TV dehhh cukup sediakan dengan lengkap apa dan bagiamana qt bisa berwisata didaerah anda. Contohnya seperti: Yogyes; Gudeg; purawisatajogja; mapsjogja ; tourismgogja
  2. Semua info qt compile & dipilih-pilih lokasi yang mana dan kapan akan didatengin, bikin schedule-nya ato bahasa keren pecinta jalan-jalan… qt susun iten jogja dulu ya!! Yuuuxxx…
  3. Tranport Jakarta-Jogja: Transportasi ternyaman ke Jogja menurut gw adalah Kereta Executive, qt bisa nyaman tidur (asal tidak "NGOWOH!" begitu pesan sangar pak Satpam kreta) dengan waktu tempuh 8 jam qt sampai Jogja sekitar jam 3 pagi. Sengaja qt pilih Argo Lawu karena rencana menjemput Sunrise di Borobudur, sedangkan Taksaka baru sampe 2 jam setelahnya. Lupakan pesawat (kalo ga' kepepet) karena harganya yang muahal, lupakan kreta bisnis apalagi ekonomi karena ga' bisa tidur dengan tenang dan perjalanan jauh pasti ga' bisa nahan Buang Air kan?? Bisa dipertimbangkan untuk naik bis karena banyak bis "lumayan nyaman" tapi perjalanan bisa 13 jam lebih. Gw ga’ nyaranin travel, ini bener2 pengalaman berharga buat qt karena sebenernya qt jalan ber-5, Coxu memilih travel. Janji jam 4 sore dijemput, baru jam 21.30 travelnya dateng dan dia sampai di Jogja ketika kami selesai maen petak umpet di Borobudur... jam 10!! 
    Lihat info tiket kereta.
  4. Transport di Jogja: Qt memilih keliling Jogja dengan sewa mobil, so tinggal alamat nyari rental mobil lakukan pemesanan via telfon transfer uang muka, bukti transfer qt fax, minta nomor telfon sopir yang akan jemput dan pada jam yang qt minta pak sopir akan menunggu walopun itu jam 3 pagi!! hari pertama qt sewa untuk 24 jam (Rp. 350.000) sedangkan hari ke-2 & 3 qt sewa per 12 jam (Rp. 250.000) dengan overtime 25.000/jam bensin isi sendiri (3 hari qt ngongkos bensin 330rebu). Hasil evaluasi perjalanan oleh jeng nusy hari ke-2 harusnya qt ga' sewa mobil karena hanya wisata dalam kota, bener juga sih... tapi gw juga waktu itu ga' gitu ngeh, di hari ke-2 gw absen dari acara tour wisata dalam kota jogja. So kalo mau wisata dalam kota saja tidak perlu rental mobil, cukup manfaatkan abang becak yang bertarif murah itu dan juga transjogja. Keuntungan dari datang dini hari dan langsung carter mobil adalah penghematan biaya menginap 1 malam, karena check in dihitung dari jam 6.00.
  5. Penginapan waktu itu lumayan repot nyarinya, karena hampir semua nomor yang dihubungi menolak kehadiran qt (Note: Waspadalah kalo-kalo jadwal liburan=jadwal wisuda). Sementara Santi & Dyan terlelap nahan laper (ga’ seperti taksaka ato gerbong executive Sawunggalih yang menyediakan makan berat nasi komplit ternyata di Argo Lawu dan Argo Dwipangga cuma dapet roti duanx..Bleehhh!! perut keroncongan karena sepulang ngantor langsung ke Gambir akhirnya dangdutan juga) gw & nusy sibuk nelfon penginapan dilanjutkan cekakak cekikik setiap x dijawab ga' da kamar. Untungnya ada info wisma murah di Jl. Sosrowijayan, qt akhirnya dapet penginapan "Wisma Gembira" yang hanya berjarak kurang dari 300 m dari jalan Malioboro nan tersohor itu dan dengan harga Rp. 150.000 qt dah bisa beristirahat dengan nyaman dan tentu saja... GEMBIRAA!! Say keju!!
  6. Wisata Kuliner Jogja: Nah kalo ini gw ga' bisa ngasih referensi, banyak sih referensinya makanan di Jogja cuma ga’ qt agendakan pasti mo makan dimana kecuali satu tempat yang tertera pasti dalam iten jogja “Angkringan Lik Man”. Santi yang ngidam makan diangkringan terpaksa cuma dibeliin nasi kucing ma Coxu itupun di stasiun Tugu dimenit-menit akhir keberangkatan qt ke Jakarta, mampir ke Lik Man puenuh pindah ke angkringan laen yang katanya ada wifi-nya juga penuh. Sementara gw yang ga' gitu doyan dengan makanan serba manis Jogja seperti biasa berakhir di Gado-gado deket Hotel Ishiro (fav. sejak sepupu nge-kost deket situ) dan kemudian…… Pizza Hut, McD dan Es Teler 77. Masa bodo ah dikata-katain ibu-ibu bawel itu, tapi toh akhirnya malem-malem ada yang minta pak sopir mampir ke McD.. Bheuu tetep ngiler kan ma kentangnya!!

Wisata Jogja 3 hari untuk selamanya:
Dari jadwal eh iten yang disusun ada beberapa tempat yang akhirnya ga’ dikunjungi karena pertimbangan ga’ gitu pengen seperti MonJaLi, lokasinya terlewati (Candi Pawon), lokasi dah tutup (Candi Prambanan), salah jadwal padahal dah ngeprint lengkap sinopsis ceritanya (Sendratari Ramayana), ga’ dapet sit (angkringan), ga’ cukup waktu (parangtritis). Ada juga yang ga’ diagendakan akhirnya didatengin seperti Candi Sambisari, sumpriiittt mistis abis… gimana ga’ huka-huka lha wong komplek candi yang dulunya dibawah tanah qt datengin 10 menit menjelang maghrib.. petang remang-remang nan sunyi senyap qt mengitari bangunan utama. Halahhh biyuuung… kalo ga’ dikawal pak sopir gw dah milih ngumpet di mobil ajah. Jadi saran gw… jadwalkan Candi Sambisari sebelum menjemput Sunset di Candi Prambanan. Lokasi lain adalah Bebeng dan Pantai Sundak, segera agendakan kedua tempat ini dalam daftar perjalananmu!!

Ini jadwal qt diJogja:
Kamis, 24 Juli 2008 
08.00 - 03.00 Gambir - Jogja, naik Argo Lawu
   
Jum'at, 25 Juli 2008 
03.00 - 05.00 Perjalanan ke Candi Borobudur (Subuh mampir di SPBU, sholat dan nyruput kopi di warung)
05.00 - 10.00 Menikmati sunrise di Candi Borobudur dari desa belakang candi karena ga’ bisa menyambut sunrise dari dalam komplek. Jam 06.00 baru qt bisa masuk menapaki taman, mendaki anak tangga, mengitari setiap sudutnya, mengagumi relief & susunan bebatuan, mengagumi diri sendiri dengan bernarsis ria (hm hm..) dan terkapar cape’ plus sedikit ngantux.
10.00 - 11.00 Candi Mendut (Note: Bilang dengan jelas pada Pak Sopir lokasi mana yang mo didatengin!! Jadi ga’ da acara eehhh… candinya dah kelewatan.. DAMN!!)
11.00 - 13.30 Perjalanan balik ke Jogja, makan gado-gado dan Istirahat di Wisma Gembira
13.30 - 15.00 Makan disebuah warung sate dengan harga “pemerasan” & pelayanan super lama dijalan raya menuju Istana Ratu Boko
15.00 - 17.00 Bernarsis ria di Istana Ratu Boko sambil ngintip Prambanan
17.00 - 18.00 Candi Prambanan dah ditutup, muter lewat belakang cuma bisa ngintip candi bubrah dan kawan-kawannya ditemani sunset cantik. Salah jadwal pagelaran Sendratasi Ramayana pula. Bodooooh!!
18.00 - 18.30 Merasakan hawa mistis di Candi Sambisari
18.30 - larut Gw n coxu mojok di McD kemudian bersempit-sempitan dibecak yang ongkosnya sangat murah, 5000 rebu dari malioboro kerumah temen di Ngadiwinatan, deket PKU..Gempor tenannn pak'e!! Ibu-ibu itu…. entah kemana. Ketemu lagi sekitar jam 8, muter-muter nyari angkringan akhirnya nyerah dan nangkring dialun-alun dengan jagung bakar & wedang rondenya. Di alun-alun ga’ da yang nyobain “tradisi masangin” karena ga’ mungkin ngajakin pak sopir, pak penjual ronde, pak jagung bakar dan pak coxu yang semuanya dah nikah.
  
Sabtu, 26 Juli 2008 
07.00 - 09.00 Mencari Mbah Marijan di Bebeng 
09.00 - 18.00 Keraton, Taman Sari, Kota Gede, Prambanan (episode bisa masuk) 
18.00 - 22.00 Belanja di Malioboro 
22.00 - larut Packing dan mulai itung-itungan duit hehehe… (total jendral dibagi 4 around 1.2jt)
Nyesel juga ga’ ikut artes ibukota ini, yahh gimana lagi… karena harus menghadiri pernikahan mas Anas yang dilanjutkan ajang temu kangen dengan sesepuh Kumatan UNSOED di rumah mba' Itoh dan malemnya berlanjut di Malioboro Mall.
   
Minggu, 28 Juli 2008 
06.00 -08.30 Perjalanan ke Wonosari (Pak Sopir tepar… janjian jam 05.00 baru dateng sejam kemudian, hooaaahh… tarik selimut lagi!)
08.30 - 10.00  Pantai Kukup
10.00 - 11.00 Pantai Baron (pesen seafood, tinggal jalan-jalan ke pantai dan balik lagi tinggal menikmati makanannya) Efisien waktu!!
11.00 - 12.00 Pantai Krakal, susuri pantai Krakal dari yang hamparan pasir ampe daerah yang berkarang eksotis & mistis (ada 1 kuburan dipinggir laut) dan kitari karangnya kalo berani dan yang berani cuma pak sopir hehehe…. Qt mah sibuk pose buat album padi yang sok cuek gitu dehh…
12.00 - 12.30 Pantai Sundak (ada 1 pantai lagi tapi waktunya ga cukup lagi)
12.30 - 16.00 Perjalanan ke buleknya Nusi, numpang mandi dan makan… xixixixx.. ngirit!!
16.00 - 19.00 Balik lagi ke Malioboro, belanja lagi (BUSYETT deh ibu Santi!!!), gudeg Yu Jum dan tentu saja jajanan khas Jogja.
19.00 - 20.00 Nunggu kereta di Stasiun Tugu sambil makan dan packing oleh-oleh (Packing di Stasiun!! Ga’ da tempat laen apa? Uppss… Itu gw orangnya hehehe…). Peringatan keras!!! Jangan make jaket kuning di stasiun Tugu coz porternya juga berbaju kuning (Shallah dikau wahai coxu akhirnya jadi porter blanjaan gw wuakakakakkkkk!!). Yang bikin kesel kreta Argo Dwipangga yang start dari Solo make acara telat 1 jam lebih, apa karena njemput orang Solo dulu ya.. muonggo minggah rumiyiiin jeenggg… ARGHHHH!!! QT dah lumutan neh!!
Jam 05.45 Tergesa-gesa turun dan melesat dari Gambir, nusi numpang tempat santi, gw lari ke Juanda ngejar KRL ekonomi ke Bogor (express Pakuan ternyata baru ada jam 7 lewat, diam**!!) coxu ngejar penerbangan jam 9 ke Banjarmasin.. Dyan.. nah ni orang paling aman ga’ da tanggungan apapun kecuali melanjutkan tidur heheh bukan begitu jeng? Gw… tentu aja telat…

Demikian catatan perjalanan ke Jogja, perjalanan 3 hari yang mengasikkan dan masih ingin balik lagi demi menyaksikan sendratari Ramayana yang entah kenapa justru digelar hari Selasa dan Kamis sebuah jadwal yang sulit dikejar karena rata-rata long weeknd cuma hari Jum’at ato Senin.. plz dunx direschedule lagi jadi akhir pekan. Fotonya?? Hiks… dah sampai jam 01.30 gini indosat gw masih dodol marodol ngupload image, besok lagi deh untuk sementara ini dulu. Silahkan rencanakan liburan 3 hari untuk selamanya ditempat lain n siapa tahu para MPers disini bisa liburan bareng-bareng yang pastinya bakal lebih seru dah lebih dahsyat.

Hikmah perjalanan gw kali ini: gw kembali kehilangan kacamata untuk yang kesekian kalinya (ngitung jari dengan 2 tangan) dan ampe skarang lum ketemu, si hikmah juga lum ketemu juga

28 comments:

  1. tambahan tips :
    1. Kalau naik bus enak naik big top Muncul....mantab
    2. Paling enak di yogya naik becak, semilir...alon alon...lebih bisa meresapi atmosfir yogya yg romantis
    3. Kalau nawar becak usahakan bahasa jawa, biar gak di tembak. dan udah tau tempat yg di tuju.
    4. Ada wisata becak, kita akan di bawa ke beberapa tempat menarik sama si "mas" becak ( bukan abang, kan di yogya )
    5. Kalau makan di lesehan malioboro harus sudah tau harganya sebelum pesen, tembakan mereka dasyat
    6. Jangan lupa minum kopi joss. di angkringan sekitar station, kopi tubruk + bara arang..mantabs....
    7. kalau malam enak juga nongkrong di bundaran UGM, makan jagung bakar.....cuci mata sama mahasiwi yogya...suit..suit.....
    8. kalau mau murah, cari penginapan deket kampus, dan jgn makan di penginapan. makan di warung sekitarnya aja...murah
    9. Kalau ke istana ratu boko yg keren mah abis shubuh...keren.....kabutnya....sunrise....uuuuhhh.....

    ReplyDelete
  2. klo ke jogja ==> motoran lebih enak
    hihihihihihii
    tinggal tancap gas dari rumah mak wussss

    1 jam udah "selamat datang di kota jogja"
    hihihihihhi

    ReplyDelete
  3. (almost) SEMPURNA....!!! *gaya andra*
    jogja emang selalu ngangenin. apalagi kmrn cm sempet dua hari doank di sana. itupun ga ful.masih ngulik2 kalender nih,buat nyiapin jatah k jogja lagi.

    tetep ya, kalo acaranya emak2 mah. ga jauh dr belanja2.

    ReplyDelete
  4. tq ms tambahannya:
    - nawar becak? douhh gw aja gasih lebih dr yg mreka tawarin... murah bang-getss
    - hahaha... itu kan angkringan yg gw sebut diatas "Lik Man!"
    - cucimata brondong?? ughh mendingan nongkrong di alun2
    - ngapain deket kampus, ngongkos lg dunx klo mo ke malioboro. enakan di jl. sosrowijayan... byk bule-nya lagi!!
    - emang ratu boko dah buka dari subuh?? ka'nya jam 08.00 - 17.00 deh

    **pst pssstttt... dapet tips drmane nih, perasanaan ada yg lum pernah ke jogja deh wuakakakkkkk

    ReplyDelete
  5. keliling jogja ongkosnya berapa Bang?? xixixix....

    elu sih enang Nang, rumah cuma selemparan tombak dari jogja.. palagi kmrn 4 personelnya ce' anggun nan cantik jelita yg ga' lihai naik motor, masa' lo ngeboncengin qt br-4 sih?? laen kali klo ke jogja lg gw contact elu deh...
    tarif ojeknya per 24 jam ato 12 jam dengan overtime?? (colek-colek Bang Danang minta harga pertemanan)

    ReplyDelete
  6. ihhh ga' boleh contek2 gayanya Andra!!!
    gw juga masih penasaran dgn trip dihari-2 yg terlewati nih plus Sendratari Ramayana yang spektakuler itu

    kpn lg belanja murah meriah kalo bukan di malioboro, lo nyesel ya ga' terlahir menjadi emak2

    ReplyDelete
  7. Jogya...i love...
    banyak kenangan yg uiinndaaahhh indah disana, keliling YK naek motor, ngadem di mirota, makan telur bakar, gudeg, prambanan, parang tritis...
    rasanya moment terindah dalam hidupku sampai saat ini adalah saat2 disana ;)
    i will be back YK 4 my...

    ReplyDelete
  8. lho lho... koq ga' diterusin...
    everybody loves jogja lah poko'e...

    ReplyDelete
  9. my cityyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy.............. Eh ngaku2, dulu tiap tahun ke wonosari pasti mampir ke jogja hehehe
    Luv pantai2nya.....
    kaliurang yuks!

    ReplyDelete
  10. - kalau nawar mah kudu...kikikikik..gak sreg kalau gak nawar
    - berhubung rumah mbahku di bawah bukit ratu boko....jadi ada kenalan yg bisa masukin pagi pagi.....
    lha kita kan orang prambanan.....hanya udah lama gak kesana lagi.....hik...hik....hik......
    btw, tips itu di dapet waktu 2 minggu tugas di jogja....waktu masih kerja di asaba

    ReplyDelete
  11. kudu bawa bedcover nih... duingin bgt dulu nginep semalem di kaliurang (wisma milenium kalo ga' salah)
    untuk pertama kalinya menyantap sate kelinci hiks... kasian banget ya kelinci brmata sendu itu
    jam 2.30 pada naek ke merapi gw naek ke awan mimpi lbh tinggi tinggi & tinggi lagi...

    ReplyDelete
  12. LAHHH kenapa ga' pamer2... klo tau kan waktu itu qt nginep t4 leluhur baginda sajaH:(

    **aje gile segede patung gupolo naek becak masih nawar... TEGAAA!!!!!!

    ReplyDelete
  13. Aarrgghh, jadi kangen Jojga... :-)

    ReplyDelete
  14. Hiks, belom pernah sampe Wonosari euy.

    ReplyDelete
  15. Iya niy, masih penasaran ma sendratari Ramayana.
    Yuk, ke sana bareng2 Mbak.
    Gpp cuti juga :-P

    ReplyDelete
  16. Sama dong... :-D
    I like exploring places with lower budget. hehe

    Uh, jadi pengen liat foto2 jalan2 Jogja Des 2007.
    haha, dasar narsis :D

    ReplyDelete
  17. "NGOWOH".... masih inget aja mbak kita yang satu ini...:-D

    ReplyDelete
  18. emang lo balik ke indo kpn? klo memungkinkan dgn jadwal gw (sbg artes yg schedul-nya always penuh) gw sih mau2 aja. ka' nya lo hrs planning dr skrg deh ndri, secara yg pengen lo datengin buanyak... sendratari - pantai nan elok di wonosari - apa termasuk jg wisata dlm kota & kaliurang?? belum lg mampir rumah gw ngrampok mendoan dipenggorengan simbokku hehehe...

    ayo ayooo upload kenarsisan elu, gw jg siap2 mengobral kenarsisan empok2 ganjen itu (dan ini jg dinx :D)

    ReplyDelete
  19. kelihatannya bakalan "everlasting" dehh...
    tp koq yg dikreta cuma qt br-4 ya yg ngakak... jgn2 salah denger hihiiiihiii....

    ReplyDelete
  20. Sekitar Mei, tapi cuti doang 18 hari trus balik lagi :-D

    ReplyDelete
  21. dikalender bln may ada libur: tgl 9 sialnya itu hr sabtu dan hari kamis tgl 21, asyik nih kalo bisa ngambil tgl 21.

    ReplyDelete
  22. I am JOGJAholic...
    ke jogja lagi aaah.........
    brmm brrm...........

    ReplyDelete
  23. sek sek tah, ambil helm dulu!!! ikuuuuuttttttt...........

    ReplyDelete
  24. gyaaaaaaa.....itu itu....
    kalu lu yang pake helm berarti aku yang di depan dunk????
    lho kok monyett tooooooo?????????????????

    ReplyDelete
  25. KYIAAA... lo ga' make helm to?
    lhaa kirain yg didepan itu make helm monyet:D

    ReplyDelete