Tuesday, May 19, 2009

Charlie's Angels Goes To Belitung (day-1)

Sebuah perjalanan impian dirancang dengan perhitungan hari baik hasil nujum simbah penunggu gunung sahari dan gunung agung, sayang hasil perhitungan yang jatuh pada bulan mei tidak sesuai penerawangan didalam bola kristal (ka'nya sih kristal plasu). Cuaca saat ini emang ga' jelas, dah bulan mei tapi curah hujan masih ka' bulan january ajah.. Global Warming pancen Gombal Tenan!! Bagi Charlie's Angels yang dah pesen tiket (no refundable) perjalanan ke belitung yang dijadwalkan tgl 15-18 tak bisa lagi ditawar. Belitung... here we come!!

Awal perjalanan dihiasi dengan kedudulan gw yang ga' bawa charger handycamp, padahal tuh handycamp baru kepake di ujung genteng (lahh gw lum cerita yang ke UG..). Nanya ke Dyan dia jg ga' punya, ya sud lah.. dikit aja nge-syut-nya. Bertemu pertama kali dengan temen baru, satu-satunya co' dalam trip ini dialah Mr. Charlie alias Kanjeng Raden Mas Lindung Bayu Kumara Tungga Dewa Soemarhadi (nulisnya ngintip kartu namanya dulu xixixx... panjang bener sih mas) di Soekarno Hatta, kasian juga dia smaleman ga' tidur gara-baru baru dateng dari singapore jam 10-an n diajakin ngobrol ma sodaranya ampe pagi. Mr. Charlie didampingi his angels: NUSY, DYAN n guweh tentunya.

Sriwijaya terbang mulus menuju bandara HAS Hananjoedin, ga' perlu heran kalo ni bandara kecil banget .. tapi yang bikin gw heran di ruang tunggu bagasi asap rokok mengepul dimana-mana sampai mata berair n kepala pusing. Pak Tata (sopir dari belitungisland.com) segera membawa qt menuju Tanjung Pandan, mengganjal perut yang dah krucuk-krucuk dengan mie bangka... not bad tapi gw masih milih sarapan make ketoprak xixixixx...

Perjalanan dari Bandara ke hotel di tanjung tinggi cukup jauh, dengan jalanan yang sangat lengang dan kanan kiri jalan yang masih banyak hutan, perkebunan lada dan teramat sedikit rumah apalagi warung makan, gw saranin pergilah ke toilet bandara sebelum berangkat kecuali lo dah terbiasa nongkrong sejenak di sela-sela pepohonan. Jauhnya jarak yang ditempuh kadang juga menimbulkan halusinasi tersendiri, ka' yang dialami mas Lindung ketika dia ngliat bebek di jalan. QT didalam mobil saling pandang-pandangan mencari bebek yang dimaksud n suddenly... WHUAKAKAKKKKKK... GUBARKKKKSSSS!!! Kalo dalam film kartun jok mobil dah ngejoprak ke belakang n qt ketawa guling-guling ato tengkurap mukul-mukul tanah. Gimana bisa seekor anjing hewan berkaki empat itu dibilang bebek... (ambil icon ym: bersedekap geleng-geleng). Sejak saat itu.... qt bilang "bebek" untuk menyebutkan "anjing".

Waktu menunjukkan pukul 15.30 waktu London ketika qt menginjakkan kaki di lobby hotel Lor-In di Tanjung Tinggi, ough maaf kalo di convert ke local time sekitar jam 09.50 WIB (liat 3 jam dinding di lobby hotel: Jakarta - London - Hongkong.. kurang waktu Zimbabwe nih!!). Pantai Tanjung Tinggi terhampar luas didepan hotel, kebetulan qt dapat kamar di deretan ke 2 jadi dapet view lumayan bagus dari kamar. Kamarnya cukup OK, cuma kamar mandinya cukup bikin deg-degan coz atapnya terbuka walopun gw yakin ga' ada yang bakal bela-belain naik tembok tapi kan siapa tau ada yang ngintip dari jendela pesawat atau tiba-tiba ada burung yang jatuh pingsan liat bidadari lagi mandi. Walopun dah diingetin mb' elvy buat bawa kapur bagus tetep aja gw lupa, ahh ternyata ga' ada semut or kecoa koq.... whoaaaaaaaaaaa ada kaki seribu jalan-jalan di lantai. Set dah ah... anak-anak laron juga berebut masuk kamar mencari cahaya.

Tidak perlu waktu lama buat naro barang di kamar, secepatnya ambil kamera dan masuk mobil lagi menyusuri pantai tanjung tinggi. Sebenernya sih jalan kaki aja dah nyampe, lha wong tinggal nyebrang jalan duanx tapi berhubung dah ada mobil kan sayang juga kalo dianggurin. Batuan yang terhampar tidak jauh dari bibir pantai bener-bener menggoda, tanpa pikir panjang gw langsung nyemplung toh ga' gitu dalem pikirku. Kedalaman airnya hanya sedikit diatas lutut, ahh ga' seru nih tantangannya hap hup hop.. gw dah melewati beberapa batuan n memilih batuan terpewe yang seperti biasa dipake buat tiduran. Apaan sih ini ngganjel di celana... whooaaaa... HP gw dikantong bawah celana kargo, tidak tidak TIDAAAAAAKKK (jedot-jedotin jidat dibatu!! pingsan!!)


Perjalanan berlanjut ke sisi pantai yang laen, menurut info diwebsite belitungisland.com Tanjung Tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung. Pantai ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Mobil di parkir tidak jauh dari warung makan, sambil menunggu makan siang tergelar di meja qt langsung menyebar mencari spot terbaik. Lebih tepatnya sih gw ngabur dari kumpulan fotografer menuju bebatuan yang bikin gw cengo' ngliat ukuran dan susunannya. Subhanallah... koq bisa bebatuan ini teronggok di pantai dan membentuk susunan yang indah. Ga' peduli dengan panas yang teramat sangat menyengat, tanpa sarung tangan dan cadar (emange gw aisyah!!) gw menantang mr.sun untuk membakar kulit yang aslinya emang dah ga' mulus. Batuan yang tinggipun aku daki demi mendapatkan pemandangan yang luar biasa disekitar pantai, seperti biasa... tiduran sejenak sambil memandangi pohon kering diantara 2 bebatuan, kasian sekali dia.. mengalami tekanan yang begitu dahsyat hingga akhirnya memilih mengakhiri hidupnya dengan masih tetap tegak berdiri diantara bebatuan itu (lebay.com)

Makan siangnya uenak tenan... tumis kangkung, tumis genjer, gulai ikan, calamary, udang goreng, ikan bakar.. bumbunya terasa pas, walopun sedikit berasa terasi tapi masih bisa gw tolerir. Sekitar jam 1.30 kembali lagi ke hotel untuk sejenak istirahat dan sholat sambil menunggu mr.sun sedikit bergeser. Tanjung kelayang adalah tujuan kami berikutnya, setelah sempet ngiler dulu jam 03.00 qt berangkat menuju tempat syutingnya laskar pelangi. Mo maen petak umpet?? Mo renang?? Mo tiduran?? Semua bisa dilakuin disini, batunya jauh lebih besar n lebih tinggi dari batuan di tanjung tinggi (yang dah nonton film-nya pasti dah familiar ma bebatuan disini). Duduk dibebatuan dengan sinar matahari yang sudah bersahabat dan angin lumayan kenceng memandangi hamparan laut luas dan dengan bantuan zoom kamera gw bisa ngintip batu penyu teronggok ditengah laut lepas.

Mr.Sun berebut pesona dengan awan tebal menghiasi langit biru, pengennya sih mas awan ngilang dulu biar qt dapet mengantar mr.Sun yang mo bobok tapi sepertinya dihari pertama qt ga' bakal dapet sunset yang sempurna. Sedikit bergeser lokasi, qt melintasi bibir pantai menuju kumpulan batuan berikutnya yang menghadap persis dengan tempat terbenamnya mr.sun. Sayang... awan tebal menghalangi peraduan mr.sun, met bobo' mr.sun... datanglah kembali esok pagi ceriakan hari-hari qt di belitung.

Makan malam kembali uenak tenan, disebuah restoran bukit berahu qt menikmati kakap merah asam manis, sop bakso ikan, tumis kangkung dan sejenis ikan teri yang renyah. Gw nyari-nyari kerupuk ato peyek tapi koq ga' ada ya... hehehe dasar orang Jawa susah deh kalo ga' ada kerupuk. Makan malam sambil ngobrol ngalor ngidul kembali qt dibuat sakit perut nahan ketawa dengan ketidaktahuan mas lindung pada semua topik yang qt jadiin bahan obrolan... Ya ampyuuuunnn ni orang di Singapore apa ga' pernah buka-buka internet yak. Perut dah kenyang, rencana esok pagi dah beres selanjutnya... zzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.....


**foto lengkap menyusul, pilih-pilih dulu nihh

23 comments:

  1. kirim oleh2nya donk Tante, Khonsa mauuuuuu........:D

    ReplyDelete
  2. belituuung ....
    wait 4 meeee ....

    ndah , foto2nya kurang banyak nih
    bikin di album foto donk
    belitung kan terkenal elok

    ReplyDelete
  3. kerupuk udang, abon ikan?? mau yg mana??
    ehh tp kan konsha lum boleh maem ginian ya... ya udah deh ga jd bawa uleh2nya
    hehehehe... ga' bawa oleh2 nih, cuma ole2 photo

    ReplyDelete
  4. masih pilih2 nih mb...
    ntar malem deh aq upload, tunggu zaja keindahan belitung dari balik lensa-ku

    ReplyDelete
  5. MUPENGGG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    gue pasti akan ke sini suatu saat nanti
    mumpung ada teman penempatan di sana

    huahahhahahah

    ReplyDelete
  6. whuaaaa...pengen juga ke belitung.

    ReplyDelete
  7. sumpeh lo??
    qt jg ada rencana balik lagi, masih lum dapet sunset-nya
    ajak2 ya nang, lumayan kan klo dpt tumpangan gratis (plus mobil gratis kalo bisa)

    **jyakakakkk ketularan om gratisan nih ;))

    ReplyDelete
  8. hayuuuukkk
    jangan pas musim ujan ya, biar dpt sunrise dan sunset bagus

    ReplyDelete
  9. jangan lupa pilih juga foto yang ada aku, ya, mbak.. hi..hi..hi...

    ReplyDelete
  10. klo g salah sih ada temen yg kerja di tanjungpandan
    baru inget gue setelah baca tulisan tanjung pandang itu
    mudah2an si temen itu msh ada di sana
    dan blom mutasi^^

    ReplyDelete
  11. katanya ga' mau narsis

    **fotografer juga manusia butuh narsisan juga :))

    ReplyDelete
  12. tanjung pandan emang pusat kotanya, ada KPP jg toh disini ;))
    mari qt brdo'a brsama semoga qt masih diberi kesempatan untuk jalan2 murah meriah ke tempat2 yg indah
    amiiin................

    **ngalim bgt skrg guweh

    ReplyDelete
  13. iya ada kpp di sana
    menurut biro pusat statistik sapar
    klo g salah cacah jiwa di sana ada 2 tmn saya
    hohohoho

    ReplyDelete
  14. demikian laporan dari kontributor kami, terimakasih bapak sapar.

    selanjutnya apabila anda berminat nyari tumpangan gratis di tanjung pandan silahkan hubungi bapak sapar
    hahhh di kantornya ga' ada?? oughh biasanya sih dia mangkal di PIM, Inul Vista ato mall yang masang spanduk "Big Sale" :)

    ReplyDelete
  15. narsisannya dikit... abis jalannya ma fotografer pecinta landscape sih
    coba ada mas ferry.... dah narsis abis guweh :)

    ReplyDelete
  16. Pengen kesana... :-D
    *itung gaji, itung utang*

    ReplyDelete
  17. kalian cm berempat aja toh rupanya. gw pikir bedol desa kek ke UG itu [mana reportase UGnya???]. gw cm ngiler sama makanannya. keknya berat banget gitu. ada kakap merah pula. whaaaaaaaaaa.....laper lagi.

    ReplyDelete
  18. coba om sam & jeng sapari ikut, pas banget tuh 3 cowok botak mengawal 3 dewi
    makanannya enNaGh make banget om
    gimana makanan di thai... cocok ma lidah jowo ga' :D

    ReplyDelete
  19. bad news: gw geleuh liat makanan thay. apalagi yg berbau daging. ngeri salah makan yg beibeh aja. makanya gw nyari fast food aja, ato ga makan di hostel yg indian food [lageeeeeeeee].

    ReplyDelete
  20. laen kali bawa pop mie aja om (eh koq nyebut merek sih)
    apa aja deh makana kaleng yg dah biasa qt makan
    kalo perlu bawa bumbu pecel xixixixxx.....

    ReplyDelete