Thursday, May 21, 2009

Charlie's Angels Goes To Belitung (day-2)

Dalam perjalanan ke Belitung gw dan dyan sempet punya asumsi dodol pada air berwarna biru dalam petak-petak tanah yang terlihat dari jendela pesawat... wahh kolam renangnya banyak banget.. Setelah dilihat makin dekat dan bentuknya makin ga' beraturan qt sama-sama sampai pada kesimpulan.. itu bekas tambang timah kali ya.. sambil prengas prenges menghapus khayalan renang yang menggantung diatas kepala qt. Yups.. dikanan kiri jalan emang banyak terdapat kubangan air bekas penambangan timah. Lokasi penambangan timah yang masih lumayan aktif adalah OPEN PIT, bekas tambang timah bawah tanah di dalam gunung yang membentuk kawah di desa Kelapa Kampit. Butuh sedikit tracking menuju lokasi penambangan, menurut info dari Pak Tata kedalaman airnya mencapai 80 meter dari permukaan.. Serreemm amir ya kalo sampe terpeleset ke kolam airnya.
Apa yang gw lihat jauh dari bayangan, jauh lebih serem!! Qt berdiri diatas bukit dan dibawahnya dengan jalan menurun berbentuk obat nyamuk mengitari sisi bukit menuju pintu masuk penambangan dan tidak jauh dari pintu itulah terdapat kolam air yang sangat dalam. Lorong tambang bawah tanah itu sendiri jauhnya mencapai 500 meter hingga tembus ke salah satu pasar. Ga' ada yang berani turun menuju pintu tambang, turunnya sih gampang tapi entar naeknya lagi yang berat. Apalagi saat itu ga' ada penambang jadi ga' da object foto yang mewakili kegiatan penambangan, dyan yang dah dibooking buat jadi modelnya nolak mentah-mentah (iihh dyan gaya sok jual mahal banget sih )
Tidak sampai 1 jam qt disini, masih ada Vihara Dewi Kwan In di desa Pantai Burung Mandi yang jaraknya sekitar 15 menit dari danau Mempayak. Viharanya ga' gitu gede, gw sendiri ga' nyaman duduk lama disini coz nyampe ditempat sembahyang gw dah pusing ma baunya. Biarin aja lah para fotografer itu mondar-mandir dipuncak vihara, gw duduk manis ajah diteras bawah. 30 menit saja qt di vihara coz langit mulai muram sedangkan masih ada 2 pantai yang musti segera dikejar. 

Siang hari bukanlah waktu yang tepat untuk ngliat burung-burung pada mandi, sepertinya jam mandi mereka sama juga ma manusia.. pagi dan sore, makanya setelah nyampe di pantai burung mandi qt ga' nemu satupun burung mandi. Bahkan burung iseng jalan-jalan atau duduk-duduk sambil bergosip-pun ga' ada, malahan 2 ekor "bebek" ngikutin qt mulu jadi berasa tulang yang siap dilahap
Cuaca hari ke-2 benar-benar tidak bersahabat, tidak lama setelah fotografer itu pasang tripod rintik-rintik hujan mulai turun. Walopun awalnya ada yang nekad mbawa payung tapi akhirnya nyerah juga ketika hujan begitu deras tumpah dipantai burung mandi. Ditungguin ampe jam 13.00 hujan masih tetep deres... NYERAH!! Pak Tata ngajak qt makan disebuah rumah makan dengan view sangat menawan, kalo ga' salah namanya "Gubok Berangsai". Rintik hujan agak menghalangi keindahan pantai yang terhampar luas dari Gubok yang terletak diatas bukit. Saat menikmati ayam bakar dengan sambel enak tapi samasekali ga' pedes hujan turun makin deras, yang awalnya qt ga' pesen kuah sayur asem secara mengezutkan alam memberikan limpahan kuah hujan yang berlebihan... alhamdulillah.. 

Menerobos hujan deras pak tata memacu mobil menuju Gantong, mencari sisa-sisa laskar pelangi menemukan kembali semangat pencarian cinta ikal tuing tuing.... Melewati pasar manggar qt sejenak mengenang A ling dan toko sinar harapan (ehh bener ga' sih nama tokonya... lupa :D), dijalanan yang sepi qt terkenang ikal yang berboncengan dengan mahar membeli kapur tulis. Ga' kebayang selegam apa pantat Ikal dan Mahar menggoes sepeda puluhan km gantong ke manggar PP, sekedar perbandingan dengan mobil qt menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Sesampai di halaman sekolah replika SD Muhammadiyah Gantong hati jadi miris... inikah replika dalam film yang sangat terkenal itu?? Apa pemda disini ga' sadar betapa hebatnya cerita dalam buku dan novel Andis menginspirasi banyak orang, ga' gw temuin semangat para laskar pelangi itu di sinek (tertular logat belitung). Replika sekolah ini sangat patut penjadi sebuah museum pendidikan, tapi kondisinya sangat mengenaskan.
Dari luar terlihat atap dan papan menganga disana sini, mengintip didalamnya terlihat kayu berserakan .. kecewa, sedih.. Emang sih ada beberapa info dari orang belitung kalo Andis disini lum mendapatkan penghargaan yang layak dari pemda Belitung, mereka justru lebih perhatian pada pemenang putri-putri-an dari Babel. Apa nantinya syuting "Sang Pemimpi" juga akan kembali disekolah ini?? Entahlah... Coba tanyakan pada rumput bergoyang di padang savana yang terletak tepat diseberang halaman sekolah. 

Hampir jam setengah lima kami kembali ke tanjung tinggi dengan sedikit interupsi makan malam dan mampir ke sebuah Mall, jangan bayangin Mall-nya segede MargoCity depok palagi Senayan City bahkan Superindo-pun masih lebih besar dari Mall terbesar di kota tanjung pandan ini. Yang penting gw n nusy dapet stock makanan buat dibawa ke pulau esok pagi, sementara dyan n mas lindung dapet celana pendek. Malem ini harus tidur cepet coz besok musti bangun jam 2, pak Tata dah nunggu jam 3 tettt menuju pantai serdang di Manggar. Cek fesbuk.. ghyiiaaa malahan sibuk fesbukan ma si om yang lagi bingung nyari colokan listrik di negeri singa. Hallah malem minggu ruame amat... tik tok tiok jam 12 masih berbalas comment. Jam 2 ndah inget jam 2!! Okeh, biar hemat waktu gw langsung make celana panjang n kaos lengan panjang so waktu bangun tidur tinggal sikat gigi, cuci muka, make jilbab n wuzzzzzzzzzzzzzzzz nerusin tidur lagi di mobil.

14 comments:

  1. ada yang ketinggalan, nih..
    kecelakaan lensa jatoh kok nggak diceritain hi..hi..hi..

    ReplyDelete
  2. Bu, sampe ada yang dobel paragrafnya hehehe!

    Tinggal nunggu upload-an poto2nya neh tentang "museum pendidikan" ituh ^^

    ReplyDelete
  3. ini bener nama rumah makannya? :)

    ReplyDelete
  4. whuekekkekkk oh ya ya...
    maksudnya sih baek hati mo mbawain tas-nya nusy, eh trnyata resletingnya lum ditutup jadi jatuhlah sang lensa br-yuto-yuto ituh
    maaf ye jeng.... jadi kebaret-baret, tp msh bisa buat moto kan??
    :-S :-SS X_X

    ReplyDelete
  5. hah.. sampe jam 2?!?!

    *pake icon YM yang geleng2...

    ReplyDelete
  6. hallahh iya to, duhh ni buru2 amat ya copy paste-nya ga' yoi xixiixxx.. thx ri

    ho oh nih, mo ngecilin ukurannya dulu baru deh di upload, ada A Ling-nya jg lho.. tunggu ajah!

    ReplyDelete
  7. lu inget ga' namanya apah
    seinget gw sih inih, pokoknya ada gubok2nya gitu deh coz inget pas becandaan ma dyan soal pemakaian huruf U dan O:D
    CMIIW

    ReplyDelete
  8. bukaan... ngingetin diri sndiri ajah musti bangun jam 2
    gw tidur jam 12-an koq, fesbuk oh fesbuk :(
    zzz.........

    ReplyDelete
  9. Huaaaa, jadi pengen ke Belitoooooong.

    ReplyDelete
  10. mbak.... akyu khan harus nanya ke manajer akyu dulu.....trus kita ngomongin masalah kontrak and tarifnya dulu....kita khan model profesional heuehehehe:-D

    ReplyDelete
  11. second honeymoon!!!
    eh kalo kata ms lindung... hornimuuuuuun
    =))

    ReplyDelete
  12. whuakakakkkk.... ga' nyangka gw jalan ma Dyan Sastrowardiman Joyohadikusumo

    ReplyDelete
  13. itu poto rumputnya... bikin kambing ku ngiler nih
    wakakak

    ReplyDelete
  14. bukannya elu yg laper tik, make bawa2 piaraan segala :P

    ReplyDelete