Sunday, October 25, 2009

Pesona Karimun Jawa - day 01




Perjalanan ini berawal dari keisengan semata, karena udah sekian lama kami didekatkan oleh jejaring sosial bernama multiply sepertinya gak da salahnya kalo gw ngajak mereka untuk jalan bareng. Ide perjalanan ke Karimun pertama kali gw PM tanggal 26 May 2009 tidak mendapat sambutan meriah yaahh... setidaknya gw gak dilempar botol air mineral, ada yang bilang kurang bagus ada yang bilang mahal namun pada akhirnya qt menyepakati untuk membuat trip murah meriah ke Karimun. Semua informasi qt kumpulin hingga tersusunlah sebuah itinerary Karimun Jawa, tarik ulur tanggal keberangkatan, perubahan iten karena perubahan jadwal kapal hingga menurunnya semangat karena berkurangnya jumlah peserta mewarnai persiapan ke Karimun. Sesuai dengan pesan bu Elvy, angka 8 menjadi angka pasti jumlah peserta trip ke Karimun Jawa dan sebelum harga naik di hari Senin, msdhian yang ngambil cuti sejak hari Jum'at sudah menjelajahi Semarang terlebih dahulu sedangkan gw, ari, danang, samhoed, rudi dan gulam baru berangkat dari Jakarta pada Jum'at malam demikian juga titik yang berangkat dari Surabaya.

Senja Utama tiba tepat pada waktunya di Jatinegara mempertemukan gw pertama kalinya dengan temen omsam yang konon kabarnya pendiem. Samhoed yang sekian lama mendamba perjumpaannya dengan artis dangdut kenamaan Sapar Satelit langsung mengambil tempat duduk bersebelahan dengan idolanya, sayang... sang artist lebih memilih menghabiskan perjalanan malam itu bersama Ari. Seperti sudah diduga sebelumnya, kehebohan langsung terjadi ketika samhoed, dansapar, ari n ndah duduk bersama, untungnya gak ada penumpang yang nglempar koper:)

Gak berapa lama satu per satu tepar, hingga tinggal Danang yang kelebihan kaki susah payah tidur dengan pasang beragam gaya dan gw dengan gangguan telpon, batuk dan "lampu taman" yang bolak balik roboh ke bahu bener-bener gak bisa tidur. Terlambat dari jadwal semula, jam 4 lebih dikit qt sampai di stasiun tawang. Kesan pertama gw dengan stasiun terbesar di Semarang ini adalah... jorok dan kumuh!! Toiletnya menjijikkan (gayungnya ditaliin pula, apa pengguna toilet ini suka ngambil souvenir gayung?), tempat wudhu-nya juga kotor dengan air menggenang di selokannya. Niatan untuk gak mandi hingga tiba di Karimun digugurkan oleh ajakan msdhian untuk mandi di penginapannnya. Pemandangan menakjubkan disepanjang perjalanan dari Stasiun Tawang ke penginapannya yang bernama Raden Patah, terpatahkan oleh suasana horor yang menyelimuti penginapan Raden Patah. Sumpeeehhh deeee.... gak bakal berani gw sendirian ditempat itu meski siang hari bolong sekalipun, serrrreeeeeeeeeeeeeeeem!!!

**AIR KENCING PERAWAN**
Setelah rombongan komplit dengan mencarter angkot seharga Rp. 40.000 qt menuju pelabuhan, saatnya bertemu dengan Pak Purwanto. Beliau adalah bagian ticketing kapal cepat Kartini pelabuhan Semarang, he so helpfull. Bolak-balik telpon mastiin qt udah jadi booking or enggak, kapan transfer, udah berangkat dari jakarta pa belum, dah nyampe semarang pa belum, dah nyampe pelabuhan pa belum... fuihh pokoknya baek banget dah Pak Pur ini. Sekitar jam 9 kapal Kartini tujuan Karimun Jawa diberangkatkan, kami mengambil kelas bisnis dengan tiket seharga Rp. 110.000. Sepanjang perjalanan laut menuju karimun pemandangannya begitu...... entahlah... gw tidooooooooooor!!! Hingga setengah jam menjelang kapal berlabuh di Karimun gw n Rudi untuk pertamakalinya keluar kapal dan foto-foto versi nguantoex, demi sebuah pembuktian... kami naik kapal!! Jam 13.00 kapal kartini berlabuh di darmaga Karimun Jawa... puanaaas!

Menurut bu Nurul (pemilik wisma apung) kami akan dijemput Pak Mahmud, bapak-bapak berbadan besar dengan mobil carry warna hijau. Ternyata beliau masih bolak-balik nganter tamu wisma apung hingga akhirnya kami dapat jemputan kloter yang ke-3 diantarkan ke darmaga kecil tempat perahu-perahu nelayan bersandar, sebuah perahu menanti kami. Tidak sampai 10 menit kami sudah sampai di wisma apung, sebuah penginapan yang terbuat dari kayu berdiri dengan anggun diatas air laut yang jernih dengan ombaknya yang berayun lembut. Makan siang sudah menanti.... hmm.. nyummie...

Semua kegatelan pengen langsung nyebur dan bersnorkling ria, sementara temen yang lain sibuk masang snorkle gw justru pasang termometer dan segera menelan paracetamol dan obat batuk demi menurunkan panas yang sudah merangkak melewati 37.6 derajat. Gw tidur dibawah asbes didalam kamar yang panas, angin sepertinya masih enggan berhembus.

Kehebohan dimulai ketika Sapar membawa kakinya yang kebaret-baret karang, jempol kaki, sekitar dengkul dan juga pergelangan tangan yang semua berdarah, ngeri juga ngliat lukanya tapi untuk pura-pura pingsan koq ya sepertinya berlebihan jadi yah terpaksa jadi suster (tanpa ngesot). Usut punya usut ternyata dia panik sewaktu baju pelampungnya mengendur, yahh harap pengertian dari temen-temen semua biarpun badannya gede tapi nyalinya kueciiil kalo dah menyangkut berada disuatu tempat dimana kaki panjangnya gak bisa napak tanah... so tajamnya karang dan ganasnya bulu babi gak masuk dalam otaknya, yang penting... larrriiii!! Belum juga plesternya nempel, samhoed naik juga pamer bawa baret di kaki walopun gak separah sapar disusul msdhian yang sibuk minta pinset karena banyak bulu babi masuk ketelapak kakinya. Alkohol, betadhine sepertinya gak mempan... hingga akhirnya Rudi dateng dengan kabar gembira, ternyata obat mujarab untuk mengeluarkan bulu-bulu babi itu... cukup dikencingin, lebih mujarab lagi kalo dikecingin perawan. dan semua orang memandang Sapar^^

**ABC 5 DASAR... DASSSARRR GELO!!!**
Pesona sunset dapat dengan mudah dinikmati dari belakang kamar ber-AC atau mushola wisma apung, namun kami memutuskan untuk menyeberang ke pulau Menjangan Besar. Tidak perlu perahu untuk menuju pulau Menjangan Besar karena jaraknya dari wisma apung sangat dekat dan kedalaman airnya sore itu mungkin sekitar 1 meter sehingga kami bisa menyeberanginya. Landscape indah tergelar sempurna dihadapan kami... matahari perlahan meluncur mencium batas horison. Keindahan lainnya muncul setelah matahari terbenam, it's time for blue hour!! Sayang.. temen-temen dah pada ngacir duluan balik ke wisma (gw akan upload edisi khusus sunset dan sunrise karimun jawa)

Setelah makan malam kami mati gaya, gak da kartu gak bisa karaoke dan waktu itu belum ada foto untuk dicela. Untunglah sapari zachry ngajakin maen ABCD 5 Dasar, berbekal sunblock gw, ari, danang, samhoed dan rudi merelakan aset berharga kami, wajah manis dan imyut ini tercoreng-coreng sunblock.

ABCDEGHIJKL....
nama-nama tanaman!! Labu, lombok, lengkuas.. LENGKENG?? Itu mah Kelengkeng!! Boleh make Nickname kan... nicknamenya kan lengkeng?? **teuteupp! Huhh maksa... coret coret creeett!!!
ABCDEFGHIJKLMN....
nama-nama buah.. Nangka, nanas... mm gak da ide lagi,
Nambutan, nisang, nambu, nemangka... whuakakakaaakk... ini tebakan termudah buat gw karena pengalaman punya tetangga yang suaranya sengau... coret coret creeett CReetttt!!! Walhasil... qt lebih mirip anggota suku pedalaman Papua yang mau pesta "bakar batu". Entah karena kehebohan kelompok qt atau suara generator yang mengganggu, keeseokan harinya penghuni kamar disebelah kamar yang dipake buat games pindah kamar :D

Next==> Karimun day 2 - Phose Phose Phose

Panduan Wisata Karimunjawa: http://ndahsaja.com/?p=58

39 comments:

  1. huwahahahhaha ...

    M ...
    nama kota

    MADURA!!!!

    eh yg ngasih pertanyaan sih rudi itu H nya?
    nama belakang atlet tenis?

    HARTONO ...??

    atau HALANBUDIKUSUMAH?

    klo gue donk ... G ... nama tanaman! GORI ....
    huahahhahaha

    ReplyDelete
  2. bpk wardiman sama ibu mien uno
    hihihihi

    ReplyDelete
  3. jyah... dibahas mulu nih yang ini..
    repost gan.
    hahaha.

    ReplyDelete
  4. aduh jd inget topiku itu
    -ilang-
    =(

    ReplyDelete
  5. blom mandi aja uda cakep ya
    hoeks hoeks

    ReplyDelete
  6. huahahahhaa
    kmrin baru dr kamera gue ma titik
    skrg ndah
    masih ada ari, samhoed dan mas dhian
    =D

    ReplyDelete
  7. wahahhaha...betul betul betul

    rudi : dengan 3G, dunia serasa di genggaman tangan ^^

    ReplyDelete
  8. kasian tuh yang cuman keliatan lengan kanannya doang..wikikikiki

    ReplyDelete
  9. titik : gulam!!makan!!! kalo ga ntar aku cemplungin ke lau loh!!!

    gulam : ih maksa banget sih, tapi kacangnya enak kok :p

    ReplyDelete
  10. jenk sapari zahrie, ajarin ade nya senyum 3 jari dunkz...

    ReplyDelete
  11. akankan berlanjut?????

    *menunggu hasil investigasi jeng sapariyem zachrie

    ReplyDelete
  12. nama belakang uno bikin gw degdegan nang
    Ny. Sandiaga Uno lebih pas keqnya

    -telf bu maria nanyain kapan NSC meeting-nya RAMP-

    ReplyDelete
  13. ilang dimana?
    besok beli lg topi yg keq punya ari, biar keliatan qute^^

    ReplyDelete
  14. kalo makanan bisa keluar dari HP dipastiin rudi gak pernah keluar kamar:))

    ReplyDelete
  15. @ danang: mules...
    @ ari: ahh masa ari gak tau c.... mantan miss waria^^

    ReplyDelete
  16. @ danang: genk gak tau malu juga:P
    @ butac: emang susah diajak kompromi tuh si om... dah disuruh maju tuh lampu tamannya tetep aja dipinggir :(

    ReplyDelete
  17. @ all: AWALNYA sih..... ujung2nya mah... lebih parah dr anda2 semuah:))

    ReplyDelete
  18. @ danang: dah janjian ya... ato ini dresscode alumni?
    @ ari: itu juga 3 jari, cuma jarinya buto ijo =))

    ReplyDelete
  19. uhuk uhuk juga...
    eh gw mah beneran batuk lho ya:">

    ReplyDelete
  20. @ danang: habis apa dunx yg pas... lampu taman yg gak nyala maksudnya, kan uitem:))
    @ ucup: dari boston koq cup... tapi afroamerika:))

    ReplyDelete
  21. @ ucup: kalo gak mandi titik emang lbh brsemangat...upsss buka rahasia
    @ titik: hikhikss... gak bisa ikutan makan kacang, gak bisa makan kripik pesenanku.. Whoooaaa.... knapa musti batuk!!!

    ReplyDelete
  22. @ danang: selalu dan selalu....
    @ ari: hayuuuuxx... tapi msdhian, titik n gulam musti diseret juga ya

    ReplyDelete
  23. whuahahaa... iya
    gw jawan Handre Hagassi!!
    dan qt-pun di coret semuah coz gak nemu atlet tenis dgn nama depan H

    -timpuk rudi make raket-

    ReplyDelete