Sunday, December 14, 2008

Apa Kabar Milis?

Dengan makin ramainya obrolan di blog yang pada awal boomingnya menurut orang yang mengganggap dirinya pakar telematika blog hanyalah tren sesaat gw makin jauh dengan Milis. Beberapa tahun lalu gw masuk dalam berbagai milis, kadang cuma sebagai pembaca saja kadang juga ikutan nimbrung. Beberapa milis yang pernah gw ikutin milanisti, Ferrari, paolo maldini, ppindia, pria sehat tanpa celana, pecinta novel, forum kompas, mayadaprana, mantan ini-itu, ex_pesona apalagi ya.. oh ya peta Wilson (pemeran nikita dalam La femme Nikita). 

Yang gw suka dari milis adalah info (mo nyebut pengetahuan koq ka’nya ketinggian) yang main luas dan itu menjadi tantangan buat gw untuk ikutan nimbrung membahas masalah yang kadang sebenernya hal baru. Untunglah mbah gugel selalu setia mbantu nyari artikel-artikel yang lumayan ampuh. Kalo baca lagi tanggapan yang gw tulis kadang gw ga’ percaya, masa’ sih otak gw pernah berpikir sedikit waras. 

Gw kasih contoh dari beberapa tanggapan brilliant gw:
Tentu saja salah penafsiran itu selalu ada. Hal ini karena ketika firman Allah SWT dalam Al qur'an diungkapkan kedalam bahasa manusia, terjadilah hal-hal yang tak terhindarkan seperti reduksi atas pesan-pesan Allah SWT, kondisinya bisa dalam bentuk
1. membatasi sesuatu yang sebelumnya sebenarnya tidak terbatas;
2. menyederhanakan sesuatu yang sebelumnya complicated;
3. mensistematisasikan sesuatu yang sebelumnya tidak terikat pada kaidah-kaidah tertentu.
Bukan saya meremehkan ahli fikih dan selevelnya, tapi walopun dari satu sekolahan satu textbook pola pikir dan penafsiran bisa berbeda dalam satu kelas (saja). Firman Allah SWT selalu bisa mengatasi segala perubahan, tapi penafsiran sering mengalami perubahan, perkembangan, dan sarat dengan pluralitas. ….


…. Soal feminisme barat, deuhh feminisme itu bukan SEKEDAR BAJU, saya, mba *** dan byk lagi perempuan brjilbab bisa sekolah dan berkarir tanpa masalah jadi bukan jaman lagi mengidentikkan feminisme dgn pakaian. Diskriminasi perempuan Muslim oleh negara islam, baik di bidang politik, hukum, dan sosial, apakah BUKAN KARENA berakar dari budaya yang berwatak patriarki dan didominasi pria? Sebab kebebasan dan kesetaraan itu dianggap dapat mengancam posisi historis tradisional para pemimpin dan penjaga budaya tersebut (baca kaum pria). Karena di jaman nabi telah banyak perempuan yg jd wanita karier (istilah sekarang: berbisnis, guru, tentara, dokter dll). Kalo demokrasi, HAM & perempuan hanya berkiblat pada Amerika tentunya salah besar. Demokrasi bukanlah kopinya Dome yang sama disetiap outlet semua negara, bahkan McD di Indonesiapun ditambah nasi biar sesuai dengan perut Indo hal itu berarti standar demokrasi-pun tidak bisa dipukul rata satu paket disemua Negara.


Plok plok plokkk…. Terimakasih terimakasih… (gw nulis itu abis kesurupan apa ya?)
Tapi gw emang merasa perlu menyeimbangkan kedudulan gw dengan hal-hal yang sedikit serius, dari milis-milis serius gw bisa mengenal mas satrio arismunandar (trans tv), fatih suyudi (sesepuh bloger di india) dan harry sufehmi (dpt nomor hp-nya pula) dan mulai mengenal blog. Tulisan mereka di blog sering gw unduh, kan lebih enak tuh copas n baca disaat luang. 

Dari PPindia dan PSTC gw dapet banyak temen, tiba-tiba di YM ada yang add gw n setelah ditanya tahu darimana ternyata orang-orang dari milis ya udah di approve aja walaupun setelah jadi temen di YM malah ga’ pernah ngobrol wuakakakk.. secara.. pastinya kan qt juga bingung mo ngobrolin apaan (sok akrab dgn yg msh bujang ntar dikira PDKT, akrab ma yg bristri ntar dikira selingkuhan, sok akrab ma yg ce'2 koq ya tetep ga' connect). Comment di PSTC yang paling gw inget sewaktu gw ngritik novel Adit yang kedua “Gege Mengejar Cinta (GMC)” dimana adegan pengejaran ke bandara dengan cameo polisi dijalan hingga tukang kerak telor di bandara gw bilang Warkop banget (Aditnya nanggepin biasa aja eee.. istrinya agak tersinggung gimana gitu hehehe). Lama-lama gw males di PSTC karena banyak anggotanya yang mbahas ciklit/tenlit. Milis berbahas inggris juga gw tinggalin karena otak gw makin kriting nerjemahinnya.

Yang kadang nyebelin dari anggota milis adalah keringanan jemari tangannya untuk menekan tombol forward sebuah berita “heboh” yang sangat diragukan kebenarannya, gw dengan kurang kerjaan pula mencari jawabannya melalui situs-situs hoax ataupun urban legend. Dan yang teramat menyebalkan adalah menerima email yang udah diforward sejak jaman fir’aun (>>>>ARRGGHHH>>>>>). Tapi banyak hal manis datang dari milis, seperti punya pacar dimilis (ooohhhh TIDAAAAAKKKKK), lebih tepatnya punya banyak artikel bagus yang masih gw simpen sampai saat ini.

Sejak terkena virus Priyadi (ka’nya waktu itu temen-temen ampe bosen ndengerin gw crita hal ini itu tentang blog-nya priyadi) gw jadi lebih menyukai blog untuk ngedapetin info dan ngobrolin apa aja, coz prinsip bloging gw adalah “jadikan hal yang ga’ penting menjadi penting!!”. Gw lum kepikiran earn money from bloging ato ngejar page range, yang penting kecerewetan dan kenarsisan gw tersalurkan.

Sampai saat ini tinggal 8 milis yang masih gw ikuti dan sebagian besar cuma sebagai reader ajah. So.. apa kabar dengan milismu??

20 comments:

  1. lah...gue malah skrg lbh perhatiin milis drpd blog....milis alumni...hehhee

    ReplyDelete
  2. lagi rame2nya mengenang masa-masa indah ya mba'....
    aq ikutan 2 milis alumni malah sepi nih ... zzzzzz

    ReplyDelete
  3. Pria Sehat Tanpa Celana, rame awal2 doang ya? Sekarang melempem, hehe...

    ReplyDelete
  4. pasti setelah gw tinggal tuh jadi melempem
    **sok beken mode ON!

    ReplyDelete
  5. pssttt... skali kali sok pinter gitchuu

    ReplyDelete
  6. dulu juga sempet gabung di PSTC
    hihiihihih

    ReplyDelete
  7. oooo jadi lo dari PSTC
    (liat list YM seseorang brnama jerapah tinggi)

    ReplyDelete
  8. Duh, milis plgn milis alumni sm milis radio y skrg dah ganti nama radiona :-(. Wuih, milis byk2 gth kebaca yak?

    ReplyDelete
  9. ikut milis ? pengen sih ... tapi ga'da waktu ... hehe ... sok sibuk ...
    paling milisnya temen2 kantor ... yg isinya obrolan tak karu2an ... hahaha ...

    ReplyDelete
  10. dulu... banyak ikutan mailist..
    sekarang.... banyak donlod2..
    kapan kerjanya, mbak??

    ReplyDelete
  11. millis gw mah masih setia sama millis...dari millis pda,club biker sampai ,.....hanya wanita,,...kekekekeke....eh gw pernah dapat orderan dari millsi...sering malah..

    ReplyDelete
  12. milis kan paling artikelnya 1-2 lembar aja, kadang klo bahasannya agak berat gw copas dulu n dibaca dirumah.

    ReplyDelete
  13. yuhuiiii
    yg penting ga' ketinggalan gossippp!! hihihiii....

    ReplyDelete
  14. baca milis yg selembar 2 lembar mah enteng nus, buku setebel Mushasi aja seminggu kelar
    emangnya temen gw yg suka ga selesai baca buku

    **berlalu sambil singsot (ihh falessss bener...)

    ReplyDelete
  15. eg waktu itu gw crita ke elo jg ya??
    pantesan lo bikin MP hehehe...

    ReplyDelete
  16. disorieentasi ato hanya mencoba memahami wanita?? (tuing tuing tuing!!!)

    ReplyDelete
  17. biar lambat asal sempat. ternyata baca tulisan2mu ini seperti makan sate maranggi. ennnnnnnyyyyyak BANGED!

    ReplyDelete
  18. ahh.. om sam bisa aja
    lagi ga da kerjaan nih jadi blogreader?
    emang sate maranggi enak ya... lum pernah nyobain padahal deket kostan

    ReplyDelete