Sunday, January 4, 2009

Kisah Setahun Yang Lalu


dari libur lebaran dilaut Bocor Kebumen

Apa yang bisa dikenang dari perjalanan hidup setahun yang lalu, impian-impian yang tak terwujud, rencana yang tak terlaksana atau bahkan kejutan indah yang tak terlupakan? Apapun itu.... waktu terus berjalan dan tak ada waktu untuk menyesali yang tak teraih jangkuan tangan atau terlepas dari genggaman, yang penting selalu disyukuri setiap karunia Illahi dan terus melangkah dengan penuh keyakinan (saat baru gajian) namun perlu sedikit hati-hati (saat tanggung bulan). Baca-baca cerita MPer's dipergantian tahun sepertinya banyak cerita indah baik yang jalan sendiri, jalan bareng ma temen atau cuma dirumah saja, ada juga cerita penuh kesedihan dari sodara qt di palestina, baghdad dan yang terbaru di papua barat. Gw juga punya kisah sendiri dari perjalanan pulang kampung setahun yang lalu (akhir desember 2008 termasuk setahun yang lalu kan???.........)

Perjalanan:
Dengan jadwal penerbangan yang tepat waktu gw nyampe di Adi Sucipto jam 16.10, setelah numpang sholat untuk pertama kalinya gw nyobain underpass bandara yang bersih dan terawat menuju TransJogja yang akan nganterin gw ke terminal. Berbeda dengan TransPakuan di Bogor yang kondisinya sudah memprihatinkan dengan jumlah penumpang yang bejubel, dalam TransJogja gw mendapatkan kenyamanan juga keramahan. Selepas maghrib, dengan Rahardja Patas AC gw menuju rumah, wakss!! tarifnya udah 40 ribu?? Kecentilan ibu-ibu yang baru pulang jalan-jalan sungguh menyebalkan, omongan ga' bermutu diselingi ketawa-ketiwi mengalahkan suara mesin dan earphone gw-pun menyerah kalah. Seandainya ada obat tidur yang membawa jauh dari tante-tante genit itu... Jam 20.30 gw nyampe rumah disambut menu favorit dan tentu aja tempe goreng yang mak nyuss

Seorang temen yang ikut antrian tiket kereta di Jogja ternyata memberikan kabar buruk bahwa tiket balik baik yang dari Jogja, Solo maupun Surabaya dah ludess. Pilihan jatuh ke bis Sumber Alam, tgl 26 dec gw pesen dan dapet untuk tgl 3 jan 09 tapi anehnya sang agen ga' ngasih nomor kursinya. Keributan terjadi dihari keberangkatan, ternyata banyak orang yang dah pesen ga' dapet tujuan yang dipesan mereka diberi bis cadangan! Karuan aja pada protes, gw ikut masuk berdesakan ke meja agen dan menyodorkan lembar pemesanan. Syukurlah... gw ga' perlu ikut protes, tapi koq dibalikin 10 ribu?? Hahh!! Koq AC non toilet?? Suara protes gw dikalahkan ibu-ibu yang menuntut kepastian rute bis cadangan. Ya sudahlah... ga' usah banyak minum dan manfaatkan tempat pemberhentian seefektif mungkin! Bis baru dateng jam 20.05, duduk di bangku paling belakang paling tengah pula dengan teman sebangku yang sepertinya cuek memberi kesempatan gw nyelesein kidah Rosid dan Delia. Terlepas dari ketidakbecusan agen Bis Sumber Alam, tapi tempat pemberhentiannya bagus dengan tempat makan luas, toilet banyak dan bersih, serta mushola kecil tapi memadai. Jam 08.20 gw nyampe kostan dan segera mengganti seprei, mengelap debu, ngepel, mandi dan... zzzz.............

Acara Liburan:
Tidak ada lagi maen pasir ato mandi dilaut, rencana liburan keluarga ke Goa Jatijajar - Pantai Ayah - Pantai Karangbolong - Benteng Van Der Wijk terpaksa dibatalkan karena 2 ponakan gw Tia dan Intan sakit. Agak cemas juga karena diagnosa dokter kemungkinan Intan ada gangguan pada sistem pemompaan jantungnya. Sakitnya cuma muncul kadang-kadang terutama setelah siangnya maen pol-polan maka malemnya dia bakalan kesakitan luar biasa dipersendian kakinya, dokter tulang dan saraf yang pernah didatengin ga' menemukan penyakit apapun. Banyaknya tanggal merah merepotkan juga buat nyari waktu ke dokter dan cek laboratorium. Tanggal 30 dec gw ke purwokerto kerumah kakak tertua bersama mba' dan mas ipar, lumayan juga sekarang di purwokerto tersedia taksi dengan sistem argo, batas minimumnya 15 ribu jadi sangat nguntungin kalo qt pergi secara rombongan. Keceriaan Alma dengan bahasa planet yang sering ngebingungin gw tiba-tiba berganti tangisan kenceng sewaktu tangannya ga' nyampe kepagar dekat kursi tempatnya berdiri... BRUKK!! Kepalanya nyungsep ke pot-pot taneman yang berjejer disepanjang pagar, bibirnya berdarah, hidungnya baret dan jidatnya memar... semaleman qt ga' da yang tidur karena mba' kecil ini nangis. Paginya dia dah ceria lagi tapi kali ini ga' mau mandi katanya... ama kan lagi tatitt.. halahhhh.. tapi begitu ngliat gw dah rapih siap jalan dia buru-buru minta mandi. Jadilah gw, Alma dan mb' sri jalan-jalan ke Moro, mbeliin hadiah ultah buat Alma (lagi-lagi... baju! i don't have any idea!) maen di timezone dan nungguin mba'ku shoping... zzzzz.....

Malem harinya keluarga mba'ku setelah pemeriksaan darah Intan tanpa menunggu hasilnya langsung meluncur ke purwokerto dan merayakan pergantian tahun baru yang untuk pertama kalinya dirayakan bersama minus 1 keluarga mba'ku yang di Samarinda, kehadirannya cuma lewat telfon yang hebatnya kuat ngobrol sampe jam 2.30.

Esok paginya gw milih tidur lagi dan beberapa ada yang jalan, setelah ashar kami ninggalin rumah mas-ku tidak lupa mampir ke tambak dengan sate bebeknya yang uenak itu dan ke rumah sakit ngambil hasil lab. Alhamdulilah... hasil pengujian yang terkait ke kelainan jantung semuanya negatif (bingung mo dibawa kemana lagi....?). Sesuai janji, gw mbawa Intan dan Tia jalan-jalan ke Benteng Van Der Wijk, kali ini mbah putri kepengen juga.. Sayang, dengan tiket masuk Rp. 6000 kebersihan tempat wisata peninggalan Belanda ini kotor, kondisi ruangannya pengap, foto-foto dan beberapa peninggalan seperti ga' keurus. Dompet bener-bener terkuras, coz semua area permaianan anak mematok harga yang lumayan mahal untuk ukuran kampung, dengan harga rata-rata Rp 4000 kalikan 10 permaianan kalikan jumlah anak.. GLEKKK!!

Acara bareng ma temen juga ga' banyak, sebagian besar pada ga' pulkamp karena tanggal 30 & 31 ga' dapet cuti. Seperti biasa kalo ketemu selalu mengenang kisah konyol jaman baheula dan ngegosip si anu dengan si itu. Sebuah sms dari masa lalu tentang kabar yang sebenernya dah gw denger beberapa bulan yang lalu ternyata bikin gw nyungsep kehilangan mood (tanpa kehilangan selera makan) hu huhuuu... beda banget rasanya kalo dah denger sendiri.

Makanan: 6 pack or 6 month?
Koq celana gw makin sempit aja sih?? Laahh ini perut koq dah makin buncit aja?? Huhhhh kalo pulang dijamin deh ga' ada lagi perut rata ka' punya Rihanna (lagi hamil 6 bulan). Tiap pagi walopun nyokap ga' pernah masak tapi selalu mengangkut sarapan dari pasar Kemit berupa Nasi rames Mb' Darsini yang tersohor itu plus tempe goreng yang tiada 2-nya, gethuk, pecel atau tahu uleg. Dirumah gw emang ga' melakukan aktivitas berarti, cuma kebagian nyapu & ngepel duanx.. mbantuin nyuci piring langsung mecahin 1 piring, goreng donat gosong dikasih kesempatan kedua goreng ayam gosong lagi, nyuci baju ngasih sabunnya kebanyakan yo weisss lah baca buku ato broswsing aja (hehehe... emang pemales sih!!). Jam 12 makan siang dah menanti, jam 2 ngelonin Intan & Tia terus ikutan pules, jam 4-an dah ngaduk-ngaduk dapur nyari tepung, pisang, tahu, tempe, ubi atau apapun lah yang sekiranya bisa dibikin gorengan, abis maghrib dah duduk manis lagi depan meja makan melahab tumis kangkung, oseng pare, soto ayam, pecak lele, pecel, urab, sambel coel plus daun singkong (yang selalu mbikin perut gw kebanyakan gas tapi ga' pernah kapok).

Bosen dengan masakan rumah mulai ngelayap ke Pasar Gombong mencari bakso mas warno langganan sejak SMP, sate dan tongseng kambing bu laminah juga mie ayam deket rumah. Menu tahun baru untuk pertama kalinya bikin gulai soang/banyak/angsa, sebenernya babe agak keberatan soang-nya yang berjumlah 9 dikorbankan 1 ekor tapi tidak kuasa menolak permohonan ke-4 anak plus menantu dan cucunya yang pengen ngerasain ka'apa rasa daging soang. Ternyata... mak nyus tenan! (ato emang karena mba' ku yang pinter masak gulai ya??) Sate dan tongseng bebek yang menjadi ciri khas kota Tambak (Banyumas) juga ga' boleh terlewat. Hari terakhir dirumah seperti biasa, babe motong ayam kampung yang harus gw bawa buat bekel dijalan, padahal dijalan ga' pernah makan tapi ya sudahlah... ayam-ayam dikandang emang selalu menemui nasib sial tiap kali ada anak-anaknya babe yang pulang. Sedangkan lele di bak memilih bunuh diri daripada nunggu kepulangan gw dan ele yang dikolam masih terlalu kecil untuk pindah tempat kepenggorengan, so.. liburan kali ini tanpa kenikmatan sikumis.

Oleh-Oleh:
Yang menyebalkan ketika pulang kampung adalah selalu saja adatnya orang indo nanyain oleh-oleh. Lah enak dunx yang tinggal ga' punya kampung ga' pernah mbeliin oleh-oleh event itu cuma ketoprak ato kerak telor duanx?? Walopun menyebalkan tapi tak apalah menyenangkan teman... seperti yang sudah-sudah gw memilih maketin oleh-oleh, tapi sepertinya baru setelah ibu pulang dari Purwokerto deh beliau sempet mbeliin lanting berbumbu, kripik tempe dan kripik jagung. So... masih ada waktu bagi yang pengen didaftar isi paket pertengahan januari nanti (jangan lupa daftar pesenean dicantumkan bersama bukti transfer ya!!!)

Demikian kisah setahun yang lalu, ga' penting banget ya acara ga' penting gw posting... pemanasan posting di awal tahun gethooo, sapa tau dengan gini gw dapet mood lagi.


**I'm Not In The Mood by Shania Twain

I don't like sittin' down doin' nothin'
I'd rather spend my time doin' somethin'
Ain't no need to plan it jump right in and jam it
No need to say no--oh, oh, oh

(I'm not in the mood) I'm not in the mood
(I'm not in the mood) To be shy--to stand by--and not give it a try
No, I'm not in the mood
(I'm not in the mood) To stay home--be alone--face the night on my own
No, I'm not in the mood (to say)--to say--(to say)--to say no!

49 comments:

  1. huwiiii keren bentengnya!!
    wah di gombong yak
    dipertimbangken deh dikunjungi^^

    ReplyDelete
  2. serruuuu...
    aku maen juga ke daerah ngapaker
    tapi baru 3 tempat yang sempet aku kunjungin
    barurraden-purbayasa-owabong
    hohoho...
    pulang2 capek banget

    ReplyDelete
  3. gw dah keseringan kesini kali ya jadi berasa ... biasa ajah:D

    **walah ga' mendukung pariwisata kampung halaman neh!!

    ReplyDelete
  4. lho kirian cuma nge-date ma sam aja wuekekekkk (gosip mode on!!)

    lahh kalo tau ke Baturaden tak suruh nginep tempat mas-ku aja, makin irit kan??
    mana foto2nya?? ayo buruan dipamerin!!

    ReplyDelete
  5. hayah... malah nggosip...
    nginep di sokaraja tempat temen

    iya dari tadi mo pasang foto tapi jaringan lemoooottt banget je
    error mulu...
    hiks...

    ReplyDelete
  6. WHOIIIIIIII...!!!!!! itu kenapa ada dialog berbau infotemen di bawah?

    hahaha...ternyata kau juga merasakan kesadisan agen bus rupanya :p. kapok ga?
    perasaan acara liburanmu banyak banget makan2nya. yaiyalah aftermath-nya jadi rihanna six month :p.

    ReplyDelete
  7. Mungkin-kah Samhoed akan menambatkan hatinya pada wanita yang ditemuinya? Ato-kah... qeqqeqqq..
    Lumayan kapok... kereta is the best lah!! (yg eksekutip mangsudnya)

    iya nih... makaaaaannnn mulu... tinggal bawa umbrella pergi ke Dokter Kandungan nih.
    DIIIIEEEETTTTTT!!!

    ReplyDelete
  8. hayyah! malah jadi caroline ndahdien zahrie.

    kenapa ga berpaling ke pesawat sih, ndah? kan harganya jg beda tipis sama KA ekse. malah bisa2 lbh murah (caranya: lu kawinin dirut maskapainya. wekekekeke...)

    btw, kmrn minggu dr bogor trus nanya2 temenku yg gawe di sono ttg halte2 yg mirip halte busway tea. katanya malah halte angkot. jadi sebenarnya tranz pakuan itu sejenis modifikasi dari angkot? atau gimana? masa temenku segak gaul itu sih.

    ReplyDelete
  9. ada kenalan dirut garuda ga?? ;))

    lo dah pernah naik transJogja kan? nah karoserinya satu pabrik, tp mgkn krn di Bogordah beroperasi setahun lebih dan hanya 1 jalur dari Bubulak-Baranangsiang makanya peminatnya membludak.. AC dah soak, tempat duduk ajrut2an, pintu otomatis byk yg ngadat tapi gw tetep cinta (drpd kena macet distasiun Bogor!! ughh maless!). jalur baru lg dirintis Baranangsiang-Ciawi. untuk smentara perkawinan angkot dan transJakarta sepertinya cukup mewakili gambaran TransPakuan:D
    sekian pers conference dari Humas DLLAJR kota Bogor

    ReplyDelete
  10. masih tetep kokoh, maklum... bangunan belanda hehhee...
    tinggal tergantung pengelolanya aja bisa merawatnya ato cuma manfaatin org gombong yg haus tempat hiburan

    ReplyDelete
  11. Ah, pulang kampung memang selalu menyenangkan. Seperti nge-charge batere yang kosong setelah pol2an disiksa buat kerja, hehehe.

    ReplyDelete
  12. keren banget bentengnya..
    kapan-kapan ajak ke sini, dong, mbak... :)

    ReplyDelete
  13. tahun 2008 kmrn , gue banyak mengalami kejutan yang indah ...
    semoga ... terulang kembali di tahun ini ... hihi ... semoga Ndah juga ya :-))

    ReplyDelete
  14. nice pictures ...
    jadi pengen ke lauuuut ...
    tapi di plb ga ada laut *sedih*
    di sungai musi mana bisa beginian ? airnya sudah tercemar limbah pabrik pupuk pt pusri :((

    ReplyDelete
  15. enak banget , Ndah ...
    itu sambelnya pake cabe hijau ya ? daku sukaaaa ....

    ReplyDelete
  16. curam banget ...
    di bawah ada apa ?

    ReplyDelete
  17. Ndah , sekedar berbagi info aja ...
    gue baca di internet kalo kolam bola tuh bahaya buat anak - anak ...
    krn tak pernah kena sinar matahari dan bola - bolanya tak pernah dicuci ...
    jadi bisa dibayangkan kuman - kuman yang nempel di bola - bola itu ...
    padahal sudah didatangi ratusan atau bahkan ribuan anak ...
    di dasar lantainya sering ditemukan benda - benda berbahaya ...
    mudah - mudahan , ke depannya lebih berhati - hati ... ayo , sayang ponakan ... sayang ponakan ...

    ReplyDelete
  18. mas-nya sayang banget ma adeknya
    padahal biasanya co' ABG tuh tengsin bgt deket2 adik balitanya

    ReplyDelete
  19. butuuuulll
    keluarga itu sumber energy yg ga' da habisnya...

    ReplyDelete
  20. utang lo nambah lagi dunx nus
    uppsss rahasia rahasia!!!

    ReplyDelete
  21. ka'nya dah lama gw ngajakin elo kerumah gw deh

    ReplyDelete
  22. siap-siap aja kalo lo ngajakin Alma jalan tiba2....
    ate... edohh
    artinya... tante.. gendong! phieewwhh lengan gw pegel banget

    ReplyDelete
  23. amiin...
    semoga makin banyak kejutan indah yang mewarnai tahun 2009 ini

    ReplyDelete
  24. dari rumahku ke laut paling cuma 30menit
    lautnya ganas, panas dan lumayan kumuh kalo pas liburan tapi ga' pernah bosen nyusurin laut dari laut bocor, petanahan, suwuk, karangbolong, ayah sampe laut cilacap. ayo maen ke Jawa!!

    ReplyDelete
  25. bangunannya ada 3 lantai, itu cuma tangga penghubung antar lantai
    repot banget ya bapak2 kompeni ngedesain bentengnya

    ReplyDelete
  26. makasih mb' infonya
    sbenernya ga' suka juga diarena ini, tapi ponakan kecilku suka banget mandi bola
    takut juga kalo ada anak yg loncat trus ada anak lain dibawahnya, jadi pengawasannya harus extra ketat juga

    ReplyDelete
  27. ombaknya emang menantang tapi ga' ada yg berani surfing disini
    karena laut tempatku terkenal akan gosip adanya palung yg ga' jauh dari bibir pantai

    ReplyDelete
  28. Hem... aku selalu suka dengan gerbong hitam :-D

    ReplyDelete
  29. ya ampyun Jeng. liburan schedule penuh ya,qqqqq

    :D

    ReplyDelete
  30. Liburanna juga sibuk ni? Seru pastina!
    Lanting na mana ya ate?

    ReplyDelete
  31. ternyata photo shop loe udah mahir.. hasil yang biasa bisa jadi lebih menarik....
    ternyata photo shop bisa segitu besar pengaruhnya ya...

    ReplyDelete
  32. inilah faktor utama yg bikin perut gw cembung ka' Rihanna hamil 6 bulan hiks....

    ReplyDelete
  33. ahhh elo ndri....
    semua yg hitam pasti lo suka deh, Hidup Ksatria Jawa Hitam!!!

    ReplyDelete
  34. sok sibuk aja koq biar pada percaya gw type wanita carrier (yg sukanya digeret2 itu loh) qeqeqeqq...

    ReplyDelete
  35. sik sik to...
    simbokku baru mo belanja entar sepulang dari purwokerto tgl 11, sabar ya...

    ReplyDelete
  36. waduh waduhh pak... jangan gitu dunx
    itu cuma manfaatin beberapa tools ka' move , Ctrl-T buat ngecilin n bikin nonggeng dan layer style duanx koq
    masih harus belajar dari baginda jaya diraja yg sekarang sibuk banget ngurus kampanye PKS (stillwaiting.com)

    ReplyDelete
  37. Terimakasih pada baginda diraja yg telah memberi masukan via YM:
    * foto pertama: harus belajar montase
    * di rumah kakak trtua, terlalu banyak cahaya ==> itu aq make leveling tetep ga sukses
    * menu 1 jan....insetnya harusnya makanan yg belum ada di gbr utama. gbr utamanya kok kabur ya ==> ga' da foto lain lg, dan itu u' nutupin dengkulnya mba'ku wuekkekkk
    mestinya di manipulasi...pake background tiker itu ==> krn fotonya yg agak burem itulah makanya foto sayuran hijau itu aq tonjolin
    * ipar dan ponakan.....itu makan sambil tidur....sleepwalker....merem semua....itu juga cahaya dikurangin dikit ==> ok bos, goyang dangdut pula tuh, ga punya tripod
    wah mesti ganti kamera...yg ada goyang reduce....==> goyang gergaji goyang dombret apapun lah itu hehehe...
    * masak pake kayu bakar ? kok banyak kayu gitu ...ciluuk.jpg, tuh gbr ok ==> mas-ku baru selese mbangun rumah
    * baa.jpg, cahaya kebanyakan....padahal bagus ...ekspresif==> yupss harusnya gw adjusment dulu ya
    * benteng juga ...cahaya, anggle nya kurang bawah ya...mestinya tugu /kolam...kena juga.... ==> mendung ms, dah make +7 masih gelap juga, bukan cuma ka' pot aja makanya aq lewatin, tp emang jd aneh ya
    * menjelajah benteng bagus...hanya enakan kalau drum air orange nya di ilangin.....merusak banget....unhistorical banget, bisa kan ngilangin gituan pake photoshop? hanya batasnya mesti di kaburin...biar gak keliatan kotaknya ==> ntar gw ditangkep satpamnya dunx qeqeqeeqq... okeh bisa koq
    * yg dijendela... juga cahaya ==> pengennya dibuat siluet tapi kamera murahan itu ga' bisa sehebat SLR
    * diantara lorong, ga' oke banget gayanya padahal bagus ==> namanya juga simbah dan cucunya
    * itu lagi pacaran? kabur nih ==> candid nih, takut ketauan
    * meniti tangga, gayanya jadul banget, harusnya diclose up==> aq pengen nunjukin liku2 tangganya
    * pencahayaannya bagus nih ==> aq emang fokus ke cahayanya, ada jg refleksi didinding tapi ga' diambil takutnya kebanyakan object
    * cape'.jpg, itu keranjang ga ok banget, padahal cahayanya dah bagus kena objectnya. lo crop pas mukanya biar keliatan cape'nya==> itu aja dah aq crop, klo dibikin close up cahayanya ga dapet
    * intan nyungsep: nah ini bagus
    * kampungan, lo harusnya mundur lagi biar ketahuan objectnya tuh apa dan ketahuan vandalisme yg merusak situs
    * lelah setelah keliling, menurut gw harusnya gw ngambil mepet Tia (kuning) dan mengambil lebih luas dipojok kanan) kata baginda boleh juga ide itu tapi coba aja dicrop yg baju coklat (intan) gayanya oke tuh ==> intan ga' lagi nggaya tapi dalam posisi dari duduk mo turun (gw ambil 3x/shoot)
    * santai dibebek, outdoor... pencahayaan bagus
    * tempat istirahat: ngapain dibuat miring, mending lurus nutupin botol trus foto kasir dari deket==> gw ambil dinding dan botol buat framing tempat makannya, mo foto dr deket sungkan... cuma gw yg nenteng kamera, ntar klo nenteng SLR pasti lbh pede
    * main&makan & pantai selatan, belajar lg nggabungin foto biar nge-blend==> maen&makan menurutku yg trjelek, ini yg gw bilang pengen nampilin fotonya walopun sebenernya ga' cucok. kalo yg dipantai bocor itu emang sengaja cuma nempel2in duanx.

    Gw posting disini biar buat belajar semua yg mampir.
    Thx ya mas... jadi kapan mo ngasih privat?? kalo baca buku duanx mah susssehhh

    ReplyDelete
  38. aduh jadi gak enak nih....pake di posting segala .....

    ReplyDelete
  39. hihihi...
    Jadi inget kemaren liat maenan gerbong & lokomotif warna hitam die cast.
    Keren banget...!! Tapi cuma bisa mupeng.
    Harganya 12rb JPY. huaaaa huhuhuu

    ReplyDelete
  40. tuu kan lagi2 si hitam...
    nyari di pasar gembrong aja ndri, ditanggung murah deh (ASPAL gitu loh!!)

    ReplyDelete
  41. dijatinegara, disitu tempat grosiran maenan anak2
    dari stasiun tebet naek bajai cuma 5 rebu

    ReplyDelete