Saturday, May 23, 2009

Mengejar Sunrise, Menyeberang Pulau & Blajar Snorkling (masih di belitung)

Alunan gitar Tohpati ngebangunin gw untuk menjemput mr.sun di pantai serdang Manggar. Jalanan sunyi senyap dan mencekam, beberapa kali pak Tata membunyikan klakson-nya, gw sendiri binun siapa yang di klakson, setelah diamatin ternyata banyak "bebek" bobo ditengah jalan. Awalnya masih punya nusy buat tandem ngobrol tapi lama-lama dia tepar juga, akhirnya cuma gw yang nemenin pak Tata. Tepat jam 05.00 qt sampe di pantai serdang, karena ga' da masjid ya udah sholat aja diatas pasir. Mas Lindung dah ngilang entah kemana, nusy n dyan berkolaborasi mencari spot yang cihui, gw clingak clinguk bingung mo ngambil object apa wong masih gelap. Lagi-lagi mr.sun terhalang awan tebel. Untunglah saat mr.sun memberikan siluetnya yang indah beberapa anak kecil mulai bermain dipantai, ini dia object yang alami. Lucu banget liat gaya-gaya mereka, awalnya gw cuma motoin mas lindung yang asyik moto mereka akhirnya ikutan juga moto bocah-bocah lucu ini. 
Jam 7 qt kembali ke tanjung pandan ngambil lunch box sebagai bekel ke pulau. Pagi ini qt punya jadwal ke pulau gusong (gundukan kosong), pulau burung dan pulau lengkuas. Sepanjang perjalanan qt dimanjakan dengan pemandangan yang sangat amat cuantik sekali, merapat disebuah gundukan pasir kosong alias Gusong qt bener-bener terpanggang matahari. Kalo nusy dan mas lindung make penutup muka layaknya teroris gw dan dyan makin uitem karena sok-sokan melawan matahari. Pak tata langsung nyebur ke laut dan mendapatkan 2 ekor bintang laut.. PATRIIICK!!! Cuma gw yang ga' berani foto megang Patrick... ini bukan soal manja or belagu tapi sumpeh geli bo ngliatnya, palagi suruh megang hiiiiiii...

Merapat di Pulau Burung kami menyaksikan tumpukan batuan yang menyerupai burung, tidak jauh dari tepian pantai ada keramba dengan beberapa orang penjaganya sedangkan jauh di bibir pantai ada genjrengan ga' jelas pengunjung pulau burung. Kali ini kulit bener-bener terbakar, yang paling berasa perih tangan kanan gw... dodols lupa make lotion!! Nyerah dengan panasnya, gw, nusy n dyan memilih mencari bibir pantai yang teduh dan pemandangan yang gw dapet mirip banget dengan view di pulau tangkil (lampung). Tentu saja masih lebih indah disini karena di sebelah kanan tempat qt berdiri ada hamparan batuan yang mempercantik pulau ini. Mas Lindung?? Hm... tebakan qt sih dia bukan cuma nyari spot yang bagus tapi juga melaksanakan tugas mulia meninggalkan jejak di pulau ini, dia masih sakit perut... sghhh.....

Menuju pulau lengkuas gw dah terkantuk-kantuk, begitu merapat hanya 1 yang ada di benak gw n nusy... gimana ngedapetin foto mirip ma hasil jepretan si master landscape, siapa lagi kalo bukan Om Yadi Yasin yang photo-photonya di FN selalu bikin ngiler. Dah nyoba beberapa titik tapi koq ya ga' yo'i. Okelah mendingan makan dulu... halah halah... kagak salah nih lauknya, ada nasi dengan seabreg lauk: sambel goreng ati-empela, ayam bakar, ayam opor, rendang dan semur telur. Gw yang punya kemampuan mengunyah lumayan lama dan nyerah setelah ngabisin rendang dan sedikit ayam bakar.. cape' bo!! (sett dahh manja bener sih, makan aja capek!). Begitu keluhan ngunyah makananan keluar tiba-tiba ada yang nyamber "sinih gw kunyahin!!" Ghyiiaa.. terulang lagi deh kejadian makan malem sebelumnya... hoeeekkkk. Tega bener ya yang ngasih makan, mentang-mentang 2 hari dihujani seafood siang ini segala jenis olahan daging disajikan dalam 1 waktu. Bersyukur dunx Ndah... terimakasih Tuhan masih Kau beri hamba-Mu yang cerewet ini dengan rizki yang berlimpah, tapi aq ga' sanggup menghabiskannya. 

Selesai makan gw ngabur ke bebatuan di sebelah kiri mercusar, narsisan sendiri...
blib blib blib... batre camera low bat, DAMN!!! Ajakan buat naek ke mercusuar cuma gw aminin sampe lantai 4 sajah, pengap banget udaranya (nah kan... lagi-lagi super manja!!). Tadinya mo minta ajarin pak Tata snorkling tapi beliaunya lagi tidur lelap, mo sholat ternyata mukenanya ketinggalan di mobil. Eh ada tempat sholat tuh... gw masuk ke tempat sholat ternyata cuma ruang kosong yang kotor, nengok tempat bilas kotor gila, nyari toilet ternyata tidak ada. Jadi pantaslah kalo lagi-lagi mas fotografer kembali ninggalin jejak di pantai yang keliatannya bersih ini (berarti…. penjaga dan pengunjung pulau lengkuas pada manfaatin laut nih sebagai pengganti MCK.. hoeekkkk…). Selesai memandangi pulau dari puncak mercusuar, dyan ngajak snorkling sedangkan mas lindung dan nusy kembali berburu spot.

Ternyata... Snorkling itu ga' butuh keahlian berenang HAHAHAA!! (pasang phose "pahlawan bertopeng). Beruntungnya gw yang ga’ bisa renang karena dah ada pelampung yang siap membuatku tetap terapung, yang penting ga' takut air dan ga' phobia karang (jadi inget temen yang phobia karang... pa kabarmu Christ). Awalnya gw kesulitan buat mengapung, untungnya pak tata telaten banget ngajarin gw. Memandangi pesona bawah laut untuk pertamakalinya bikin gw takjub, ngikutin ikan gerombolan ikan kecil dan berusaha menangkapnya tapi ga' kunjung berhasil, ikan warna-warni maen petak umpet dibalik karang, terumbu karang dengan bentuknya yang unik dan sihitam berambut landak "bulu babi". Subhanallah begitu banyak kehidupan di alam ini.  Kalo dunia gw cuman mentok di dunia maya melihat jepretan or cerita orang betapa sempitnya kehidupan gw... thx God dah ngasih kesempatan gw jalan kesini. Lama-lama capek juga, lumayan stres ngliat mata bulu babi si hitam berambut panjang dengan mata melotot seperti menunggu kelalaian gw menginjak or menyentuh mereka. Sewaktu gw bilang ke Pak tata kalo jarak bulu babi terlalu dekat katanya:
"jarak qt dengan kawanan bulu babi tidak sedekat yang qt lihat dari balik kacamata selam"
cukup lega denger penjelasannya. 

Tenaga dah semakin berkurang, jari-jari tangan dah berkerut dan berwarna pucat, perut juga mual sementara pak tata dan dyan dah semakin jauh ninggalin gw... daratan... jauh bener dirimu berada. Sampai di perahu badan langsung nggigil, berbekal kain pantai gw berjalan menuju tempat istirahat. Dyan berkeras ga' akan ganti baju, karena dah ga' tahan ma dinginnya jadi gw tetep nyeret dyan nemenin ke kamar ganti yang suasanya serem. Berkali-kali gw bilang... gw mo muntah nih,... dingin banget... dan selesai ganti baju semua makanan yang mengganjal perut sukses terbuang sia-sia. Lemes....
Berbekal minuman tolak angin pemberian pak tata gw tidur pules selama perjalanan pulang. Jam 5.15 perahu merapat di dermaga, tadinya mo numpang sholat di sebuah rumah tapi dengan banyaknya anjing piarannya sepertinya sholat di mobil jauh lebih baik. 

Melewatkan makan malam sebenernya bukan jawaban yang tepat buat badan, tapi perut masih lum bisa di ajak kompromi, cukup segelas kopi hangat untuk meredakan mualnya (
pilihan guoblok mengingat magh sering maen ke lambung). Lampu mati, anak laron berterbangan, sebuah hadiah yang pas buat gw yang terkurung sendirian dalam kamar. Music mengalun dari hp, bersama temen fesbuk gw nglewatin menit-menit yang mencekam dalam kamar dengan temaram lilin. Thx buat nusy n dyan yang dah bawain gw makanan, tapi lebih enak tidur ajah...zzzzzzzzzzzzzzzz.............. mari tidur ngebangkong, esok hari adalah hari terakhirku di pulau yang indah ini, biarkan aq sejenak mimpi indah tentang hari-hari yang kulewati disini (masih tanpamu).

18 comments:

  1. Seru,dah pernah k derawan d kaltim kah?cocok jg u yg suka petualang loh

    ReplyDelete
  2. Deeeuh ada poto melayang! I like it hehehe.. Teruskan perjuangan! Tuh ada yg nyebut2 derawan :-P

    ReplyDelete
  3. pengen banget ke derawan, tp lum jg kesampaian:
    * budget lum cukup (lum ada tepatnya hehehe..)
    * how to get derawan msh lum jelas
    ada info gimana menuju derawan, iten or budget-nya?

    ReplyDelete
  4. hohooooo... dah pasti lah itu ri, fly fly to the moon..
    derawan on my dreams
    **duduk brpangku tangan dengan awan khayalan all about derawan di atas kepala... honeymoon!! GLEKK!!

    ReplyDelete
  5. infonya ada di majalah femina dua minggu yang lalu kalau nggak salah...barengan asyik kali ya..ayo nabung yuk

    ReplyDelete
  6. huahhahahaa
    bener2
    g perlu bisa berenang kok
    tapi tetep aja gue ketakutan
    T.T
    begonya gue^^
    =(

    ReplyDelete
  7. yaach... ga mengkonsumsi femina:(
    boleh boleh... pasti seru bgt nih jalan kesonoh
    bang bing bung nyok qt nabung..

    ReplyDelete
  8. lo phobia laut apa cuman takut kalo ngliat air dlm jumlah byk?
    perlu terapi ka'nya nih
    ga' indah bgt kan kalo dah jalan ke pantai ga' maen cebur2an juga

    ReplyDelete
  9. klo kaki gue bisa napak gue biasa2 aja
    klo kagak bisa napak huwaaa
    PANIK!!
    pdhal kan gk ada yg namanya laut itu dalamnya dibawah 2m kan
    huahahahhaa

    -berlaku pula untuk kolam renang-

    selama da yg bisa dipegang (perahu/pelambung bebek/ban) masih bisa tenang
    klo cm life jacket huawaaaaaaa
    maish panik
    hahahhaa

    ReplyDelete
  10. hihiiii... badan aja sih digedein, nyali?? sghhh....

    kmrn sempet katro jg sih, untungnya pk tata sabar bgt ngajarin gw biar ngapungnya stabil
    ayo mb'... ka' lagi naek sepeda aja (hoorrayyy gw bisa duduk mengapung dalam aerrr xixixxx...)
    begitu qt bisa stabil baru deh diajak ke tempat yg lebih dalam

    masalah gw di air cuman 1: ga' tahan dingin (selain ga' bisa renang tentunya bhuahahaaa...)

    ReplyDelete
  11. iya, sapar badan doang yang gahar.. kalo nyali mah seuprit.. hihihihihi...

    ReplyDelete
  12. huahahahahhaa
    plak plak plak
    maklum saya anak baik2

    loh g ad ahubungannya ya
    =p

    ReplyDelete
  13. nah tuh kan, partner in crime-nya aja bilang gini
    trimakasih atas konfirmasi pk

    -ga' nyangka 2D masih tetep eksis-

    ReplyDelete
  14. tambahin tendangan maut
    **DHEZIG DHEZIIGHH

    ReplyDelete
  15. tambahin deh. JROTTT!JROTTT!JROTTT!
    *buang bangkainya k got*

    ReplyDelete
  16. ndah, endingnya kok menyedihkan?
    katanya harus bisa melupakan masa lalu dan songsong masa depan. no time to menye2, kawan. SEMANGATTTTT!!!!

    ReplyDelete
  17. udah ga' menye2 koq om
    nih senyumnya dah lebaaaarrrrrrrrrrrrrrrrr :)

    ReplyDelete