Wednesday, December 3, 2008

Kisah Ibu Bijaksana dan Anak Kurangajar

Mas-mu bilang lebaran haji nanti kamu mau pulang

Iya bu, rencananya lebaran haji pulang Gombong entar Natal pulang purwokerto. Inget temenku Cenit yang katholik itu kan Bu, dia mo natalan di Purwokerto dia juga….

Hoalah.. koq bolak-balik pulang to? Entar duitmu abis. Uwis lebaran haji ga’ usah pulang, entar aja akhir tahun kan liburanya lebih panjang kamu bisa bolak-balik gombong-purwokerto. Sekarang ini duit lagi susah dicari, punya duit sedikit-dikut itu ditabung. Umurmu iku sudah ga’ muda lagi, pikirin buat nikah. Kamu ndengerin Ibu ngomong to? (untung berita rencana pernikahan cenit lum sempet keluar, bisa lebih panjang lagi dehhhh)
Masa’ anak mau pulang koq dilarang, emange Ibu ga’ kangen ma aku ya?
Ibu yo kangen, kabeh ngangenin kamu, tapi tahun ini kamu udah sering pulang. Ibu juga tau tahun ini kamu banyak mengeluarkan uang, kamu itu harus punya tabungan yang cukup. Ibu juga mau pesen kamu itu ga’ usah ndengerin omongane ponakanmu, mreka punya orangtua yang bisa nyukupin kebutuhannya. (HAHH darimana simbok tahu daftar permintaan dari para ponakan?? Huuu ponakan dudulss ngapain crita-crita ke simbahne)
Iya iya…. Pulangnya entar akhir tahun aja.
Naik kreta Sawunggalih aja! 

Iyaaaa…(gerbong eksekutive bu… lirih dalam hati aja)

Gw cuma cengangas cengenges ndengerin wejangan berikutnya dari simboknya di kampung tentang perlunya penghematan, tips dan trick mengelola keuangan (serasa nelfon Safri Senduk deh…) tidak lupa diakhir percakapan sekeranjang do’a dikirimin buat anak ragilnya yang terdampar dikota hujan agar kerjanya lancar, selalu sehat dan cepet laku sehingga tidak lagi pulang kampung sorangan wae (JLEBB!!). 

Temen gw pada ngakak ndenger obrolan gw. 

Ga’ boleh pulang biar lebih berhemat, ironis.. kalo sampe simbokmu tahu duitmu disini dihabisin untuk urusan ga’ jelas ngalamat seluruh gajimu disuruh masuk ke rekening simbokmu! 

Wuakakakkk… gw aja binun dengan kebodohan gw dalam mengelola keuangan, seperti neraca keuangan yang selalu seimbang duit ditabungan juga selalu seimbang.. jumlah pemasukan = jumlah pengeluaran. Adaaaaa aja yang menggoda, liat tulisan Diskon langsung ikut desek-desekkan, liat makanan enak langsung tancap, liat film bagus langsung nongkrong, liat buku bercover bagus langsung masukin tas belanja, liat kokoh ganteng langsung kesambet beli pernak-pernik laptop (helllow koh.. still remind me?), liat expo langsung berangkat, apalagi kalo ada ajakan jalan-jalan…mauuu….Kebodohan lainnya adalah pada daya ingat yang rendah pada harga yang ditawarkan, hampir semua barang yang gw beli kecuali barang elektronik ga’ da satupun yang gw inget, kalo suka ya udah beli tanpa perlu memilih berluama-luamaaaa (nglirik sebel ke nusy!).

Ga’ kebayang Simbokku bisa muterin duit gaji pensiun Babe yang ga’ seberapa, emang sih di kampung ga’ da godaan konsernya Didi Kempot, pasar rakyat diseberang sungai juga ga’ berebut nawarin diskon, paket nasi rames & mendoannya mba’ darsini juga masih seharga 2000 perak, layar tancep juga dah lama hilang jadi godaan-godaan nan menyesatkan relative ringan. Bayangken Mbok.. coba bayangkan! Betapa berat godaan yang anakmu jalani disini! 

Tapi kata temenku yang dah berkeluarga entar kalo gw dah jadi Ibu secara natural gw akan lebih memilih sabun cuci berhadiah piring cantik, ngumpulin semua brosur belanja dan mbandingin harganya, muterin supermarket laksana tawaf demi selisih harga, nyuekin kedatangan Greenday karena harus ngelonin (bapaknya) anak walo nantinya gw masih tetep ke mangga 2 tapi kali ini buat beliin kompi anak bukan karena kokohnya ganteng (hellouw koh.. still remind me, don’t you!!!).

Ademm benerr dapat wejangan temenku ini, suatu hari nanti gw akan bisa ngatur keuangan dengan bijaksana untuk keluarga.. ya.. suatu hari nanti!! Hari ini… ga’ jadi pulang kampong nih, ke JiFFest aja yuxx!! …ya ampyuun lagi banyak diskon akhir tahun nih, twilight dah maen di XXI lho, Jason Mraz mau ke Jakarta? Sumpeh lo?, Abis Pemilu Anggun mo gelar concert, yuhuiii!! Hokben dah halal?, Kangen Sop Iga Bang Haji nih… Picaaaann! Tokonya si-kokoh ada yang di depok? Pas dunx gw lagi butuh… mmm .. mmm.. VGA? Yang baru aja lum dipasang! Memory? Kan baru diupgrade! Mouse? Yang 2 lagi mo dikemanain! Mm.. earphone ya earphone aja, spone-nya ilang satu! YESS!!

jam berapa nih?? whoaaa dah subuh!! gw lum tidur juga

17 comments:

  1. ga' tau nih, dah 2 minggu ini baru bisa tidur abis subuh.
    sekarang mo tidur ahh...

    ReplyDelete
  2. hahahha... bener banget.ibu ku juga sering bilang, ga usah sering pulang,duitnya di tabung ajah...dan serentetan wejangan lain.

    ReplyDelete
  3. heheheh...wah loe mesti cari suami yang bisa ngirit...buat ngerem....

    ReplyDelete
  4. btw...coba deh cari buku ttg financial for non finance...kita tuh mesti tau finacial...mumpung masih muda ( gw masih kan ... ) duit di investasikan...inget hari tua...gak pengen merubah gaya hidup kan ? setalh tua kere ..hayyah....

    ReplyDelete
  5. Hahaha, beneeeeeeeer, gegegeg.

    Ah, sampe sekarangpun aku masih payah soal urusan ngatur duit. Kalo aku bilang sih, enjoy aja *wink*. Nikmati selagi bisa. Tapi ya tentu harus ada kompensasinya. Bahkan Safir Sendukpun bilang, nabung & belanja itu harus seimbang, hehehe.

    ReplyDelete
  6. wuekekekkk... anak2nya aja yang kupingnya pada budegh ya sghhh...

    ReplyDelete
  7. SALAH!! Mestinya.. gw musti cari suami yang kaya biar aman sentosa sepanjang masa

    ** dah baca bukunya belum? dicritain aja deh... nguantux euy baca buku ekonomi

    ReplyDelete
  8. terimakasih telah meyakinkanku untuk selalu menjaga keseimbangan! wuakakakkk...

    ReplyDelete
  9. Ndah lucuuu ... !!
    suer ... bc curhatmu ini sambil terkekeh2 geli ...

    ReplyDelete
  10. hahaha ... ngebayangin Ndah tawaf di supermarket ...
    tapi , aku ngalami juga sih ... hihi ... *ngaku*

    ReplyDelete
  11. udah dapat berapa putaran bu?? kakiku dah pegel nih daritadi muter2 tp keranjangnya msh tetep kosong

    ReplyDelete
  12. makanya.. jangan belanja ama nonton bioskop mulu, mbak...

    ReplyDelete
  13. beneran, nih?
    nonton, yuk! hi..hi..hi..

    ReplyDelete
  14. taun depan banyak rencana jalan-jalan, nih mbak..
    mo ikutan nggak? he..he..he...

    ReplyDelete
  15. @ nusy:
    lo tu emang setan belanja yang menyebalkan, masa lo yg minta ditemenin belanja malah gw yg mborong. HUH!!
    Harus nus, tp rata2 abis pemilu, qt kumpulin recehan dulu ye...
    jln2 ke bangka belitung yuuxxx.. ato ke gili2 di mataram??

    ReplyDelete